Sen29Apr201916:10

Mengenal Gejala Balanitis Pada Pria

Gejala balanitis dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan mungkin Anda tidak mengalami semuanya. Balanitis adalah infeksi atau peradangan kulit di kepala (glans) penis. Pria yang tidak disunat, area ini ditutupi lipatan kulit yang dikenal dengan kulup atau kulit khatan.
Mengenal Gejala Balanitis Pada Pria
Mengenal Gejala Balanitis Pada Pria
Balanitis dapat terjadi pada pria yang disunat dan yang tidak disnat, meskipun lebih umum dan sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Ketika balanitis terus berulang, hal ini mungkin disebabkan infeksi ragi yang ditularkan bolak-balik antar pasangan selama hubungan seksual.

Gejala balanitis yang penting untuk diketahui agar segera melakukan tindakan pengobatan jika gejalanya muncul, yaitu:
o Kulit merah, bengkak atau iritasi di sekitar kepala penis (glans).
o Debit tebal di bawah kulup.
o Ruam atau luka.
o Rasa gatal.
o Bau yang tidak sedap.
o Kulit khatan yang ketat tidak dapat ditarik kembali.
o Sakit saat buang air kecil.



Penyebab

Penyebab balanitis meliputi penumpukan zat yang disebut smegma, infeksi jamur, dan juga infeksi menular seksual (IMS).

Smegma. Dalam kebanyakan kasus, penyakit balanitis terjadi saat kulit teriritasi penumpukan zat berbau seperti keju yang disebut smegma. Smegma merupakan pelumas alami yang membuat penis tetap lembab, ditemukan di kepala penis dan di bawah kulup. Smegma dapat menumpukan karena mungkin sulit untuk sepenuhnya menarik kulup. Penumpukan smegma ini dapat menyebabkan balanitis pada pria yang tidak disunat jika kebersihan tidak dijaga.

Infeksi jamur. Infeksi bakteri streptokokus adalah jenis bakteri yang paling umum menyebabkan balanitis.

Infeksi menular seksual (IMS). Meliputi herpes simpleks, klamidia, sifilis, dan gonore.

Baca Juga: Penyebab Peradangan Pada Ujung Penis Pria! Klik Disini

Pengobatan

Perawatan dilakukan tergantung pada penyebab dan seberapa parah gejala balanitis yang dialami. Sebaiknya untuk selalu konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan dan tidak sembarangan memakai pengobatan tanpa saran dan anjuran dokter.

Untuk gejala balanitis yang berulang, tindakan sunat efektif untuk menyembuhkan balanitis dan mencegahnya agar tidak kambuh kembali. Setelah pengobatan yang efektif dimulai, biasanya Anda tidak perlu menghindari seks.

Jaga penis agar tetap bersih dengan mencuci menggunakan air hangat, hindari menggunakan sabun dan bahan pengiritasi lainnya.

Sebaiknya untuk segera menghubungi dokter jika Anda mengalami balanitis yang tidak merespons terhadap tindakan kebersihan yang Anda lakukan. Penting untuk Anda ketahui juga jika Anda menderita diabetes, mungkin merupakan sinyal bahwa gula darah Anda tidak terkontrol dengan baik.



Balanitis? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mengalami gejala balanitis, terutama bagi Anda yang belum di sunat, rekomendasi pengobatan yang tepat dengan metode dan tindakan sunat dewasa dapat Anda temukan di Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit kelamin. memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman dan sudah banyak melakukan tindakan sunat dewasa, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan merasa malu untuk melakukan sunat dewasa.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait gejala balanitis yang mungkin saat ini sedang Anda alami, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.