Rab13Feb201915:17

Mengapa Terdapat Luka Pada Kelamin Pria?

Luka pada kelamin pria merupakan salah satu gejala penyakit balanitis. Balanitis merupakan peradangan yang terjadi pada ujung kepala kelamin atau glans. Penyakit ini dapat menyerang pria dari berbagai golongan usia, terutama yang tidak melakukan sunat. Penyebab lain yang dapat menyebabkan seseorang menderita balanitis, antara lain infeksi jamur, infeksi bakteri, adanya riwayat penyakit menular seksual, serta kelainan kulit lainnya.

luka pada kelamin pria
luka pada kelamin pria

Bagaimana Gejala dari Penyakit Balanitis?

Tanda dan gejala penyakit balanitis yang paling umum adalah adanya bengkak di ujung kelamin hingga menyebabkan kemerahan. Selain itu, penderitanya juga akan merasakan nyeri akibat kesulitan buang air kecil, keluarnya kotoran dari organ kelamin yang berbau busuk, dan terdapat bintil merah pada kulit kepala kelamin. Gejala penyakit herpes yang dapat muncul lainnya, antara lain:


• Organ kelamin terasa keras, kering, serta kaku.
• Adanya pembengkakan pada kepala kelamin.
• Muncul rasa tidak nyaman ketika buang air kecil.
• Terdapat luka lepuh atau ulcer pada kelamin pria.
• Terasa gatal, nyeri, hingga iritasi pada kemaluan.
• Pembengkakan pada kelenjar limfe atau limfoadenopati.
• Sulit menarik preputium atau mengalami fimosis.
• Adanya gejala sistematik, seperti demam dan mual.

Gejala penyakit balanitis yang telah disebutkan tersebut, disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab adalah tidak menjaga kebersihan organ kelamin terutama jika belum melakukan sunat atau khitan. Hal ini dapat menyebabkan pengetatan kulup hingga menimbulkan iritasi akibat adanya cairan kotor atau smegma pada organ kelamin. Terdapat beberapa penyebab luka pada kelamin pria lainnya, seperti:

• Infeksi menular seksual

Luka pada kelamin pria dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual. Berbagai infeksi menular seksual yang mungkin memicu penyakit balanitis adalah herpes genital, klamidia, dan gonore. Gejala balanitis yang akan muncul akibat infeksi menular seksual, seperti rasa nyeri ketika buang air kecil dan keluarnya cairan asing dari uretra.

• Mengalami alergi serta iritasi

Kulit kepala kelamin sangat sensitif dan bereaksi pada berbagai senyawa kimia. Senyawa atau bahan kimia akan menyebabkan luka pada kelamin pria akibat iritasi yang terjadi. Beberapa hal lain yang memicu iritasi pada kepala kelamin, antara lain menggosok kepala kelamin secara berlebihan, penggunaan kondom saat berhubungan seks, dan deterjen yang tidak terbilas dengan baik sehingga tertinggal di celana dalam.

• Infeksi menular nonseksual

Penyebab balanitis akibat infeksi menular nonseksual adalah adanya jamur Candida sp. Jamur jenis ini dalam keadaan normal umumnya hidup di permukaan kulit, namun dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan infeksi. Infeksi juga mudah terjadi pada seseorang yang memiliki kondisi, seperti mengalami inflamasi pada kelamin, penderita diabetes, dan menderita fimosis.

KENAPA ADA BENGKAK PADA KEMALUAN LELAKI?*

Beberapa Penanganan Balanitis yang Dapat Dilakukan

Cara menangani luka pada kelamin pria dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa obat antibiotik. Antibiotik ini biasanya berbentuk krim atau gel dan harus dipakai secara rutin sesuai resep dokter. Penanganan tepat untuk menyembuhkan penyakit balanitis pada pria, adalah sebagai berikut:
 
• Krim dan tablet antijamur, berguna untuk menangani balanitis yang disebabkan oleh infeksi Candida.
• Obat antibiotik, biasanya digunakan untuk menangani balanitis yang diakibatkan adanya infeksi bakteri.
• Krim steroid ringan, diberikan untuk mengobati balanitis yang disebabkan oleh inflamasi atau alergi.
• Khitan atau sunat, dilakukan jika luka pada kelamin pria semakin parah dan memiliki kondisi fimosis.

 


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Penyembuhan luka pada kelamin pria dapat dilakukan setelah pemeriksaan fisik bersama dokter di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan penanganan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas yang lengkap, salah satunya layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, Anda akan mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Semakin ceoat penanganan dilakukan, maka komplikasi penyakit dapat dihindari.