Rab03Apr201911:55

Mengapa Muncul Nyeri Pada Ujung Kemaluan Pria?

Nyeri pada ujung kemaluan pria merupakan salah satu gejala dari penyakit balanitis. Balanitis merupakan peradangan atau pembengkakan akibat kulit yang menutupi organ kelamin tidak disunat. Penyakit ini bisa diderita oleh anak berusia di bawah 4 tahun dan pria dewasa yang belum melakukan sunat. Jika tak segera diobati, balanitis dapat mengganggu batang kelamin hingga menimbulkan lecet dan bisul.
nyeri pada ujung kemaluan pria
nyeri pada ujung kemaluan pria

Apa yang Menyebabkan Terjadi Balanitis?

Gejala balanitis, berupa nyeri pada kemaluan pria dipicu oleh beberapa faktor, seperti infeksi jamur, menderita penyakit diabetes, pengunaan antibiotik oral, memiliki daya tahan tubuh yang rendah, dan iritasi akibat fisik atau kimia pada kepala kelamin. Beberapa penyebab nyeri pada ujung kemaluan pria yang perlu Anda ketahui, antara lain:


• Tidak menjaga kebersihan organ kelamin

Seseorang yang belum melakukan sunat terkadang kurang menjaga kebersihan organ kelaminnya. Selain itu, balanitis juga bisa terjadi akibat faktor ketatnya kulup sehingga menimbulkan iritasi akibat cairan kotoran atau smegma pada organ kelamin.
 

• Menderita infeksi menular sekual

Penyebab balanitis pada pria dapat pula terjadi akibat menderita infeksi menular seksual serta peradangan pada saluran kemih atau uretra. Beberapa jenis penyakit infeksi menular seksual tersebut adalah herpes genital, klamidia, dan gonore.
 

• Memiliki alergi pada senyawa tertentu

Kulit kepala kelamin sangat sensitif sehingga dapat bereaksi terhadap bahan kimia. Selain itu, pemakaian kondom berspermisida saat berhubungan seksual serta adanya sisa deterjen yang tidak terbilas dengan baik pada celana dalam juga dapat memicu terjadi balanitis.


Pengobatan Tepat Terhadap Penyakit Balanitis

Pengobatan untuk menangani nyeri pada ujung kemaluan pria bergantung pada usia, penyebab, keaktifan seseorang secara seksual, dan faktor sudah sunat atau belum. Nyeri pada ujung kemaluan pria bisa diobati dengan menarik ke belakang kulit ujung kelamin dan merendam area yang sakit ke dalam air hangat. Jika kasus cukup ringan, penanganan nyeri pada ujung kemaluan pria hanya memerlukan krim antibiotik.
 
Namun jika sudah berat, maka dapat mengonsumsi antibiotik serta diberikan krim guna mengurangi pembengkakan yang terjadi. Proses penyembuhan penyakit bergantung pada penyebab dan gejala yang muncul. Untuk gejala ringan, penyakit dapat pulih dan hilang dalam waktu 5 hingga 10 hari. Berbeda dengan kasus yang sudah kompleks karena waktu pemulihan akan memakan waktu cukup lama. Nyeri pada ujung kemaluan pria dapat dihindari dengan melakukan beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan, antara lain:

• Hindari penggunaan sabun pada organ kelamin ketika inflamasi terjadi.
• Gunakan krim pelembap untuk membersihkan organ kelamin.
• Bersihkan organ kelamin dengan air hangat dan keringkan perlahan.
• Rutin membilas tubuh atau mandi dengan menggunakan air asin.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Rasa nyeri pada ujung kemaluan pria bisa ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.