Sen11Mar201916:12

Mengapa Ada Bengkak di Sekitar Kemaluan Pria?

Bengkak di sekitar kemaluan pria merupakan salah satu indikasi dari penyakit balanitis. Balanitis terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan organ kelamin, terutama jika belum melakukan sunat. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti kelamin terasa sakit, muncul kemerahan, kemaluan mengeluarkan bau tidak sedap, dan nyeri ketika buang air kecil. Meski balanitis bukanlah masalah serius, namun penyakit ini bisa dialami oleh pria di semua usia bahkan anak-anak di bawah 4 tahun.
bengkak di sekitar kemaluan pria
bengkak di sekitar kemaluan pria

Apa Saja Penyebab Penyakit Balanitis Pria?

Penyebab bengkak di sekitar kemaluan pria dipicu beberapa faktor, seperti infeksi jamur, orang dengan arthritis reaktif, memiliki riwayat penyakit menular seksual, seperti herpes atau gonore, mengalami cedera atau trauma, adanya infeksi pada saluran kemih, dan kurang menjaga kebersihan organ kelamin dengan baik. Balanitis yang tidak segera ditangani akan menimbulkan lecet dan bisul. Selain bengkak di sekitar kemaluan pria, penyakit ditandai dengan gejala , berupa:
 


• Kesulitan ketika buang air kecil dan disertai dengan nyeri.
• Adanya bengkak serta kemerahan di ujung atau kulit kelamin.
• Keluarnya kotoran dari organ kelamin yang berbau busuk.
• Terdapat bintik merah pada kulit kepala kelamin atau glans.
• Munculnya lepuhan atau ulcer pada kemaluan pria.
• Sulit untuk menarik preputium atau mengalami kondisi fimosis.
• Organ kelamin pria terasa keras, kering, dan kaku.
• Mengalami gejala sistemik, seperti demam atau mual.
• Mengalami pembengkakan pada limfe atau limfoadenopati.


Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Pengobatan pada bengkak di sekitar kemaluan pria bergantung pada penyebabnya. Untuk meredakan gejalanya, beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah menghindari penggunaan sabun pada organ kelamin jika mengalami inflamasi, gunakan krim pelembap sebagai pengganti sabun, dan gunakan air hangat untuk membersihkan alat kelamin serta keringkan perlahan dengan handuk kering. Beberapa metode pengobatan dalam menangani bengkak di sekitar kemaluan pria, antara lain:


• Krim dan tablet antijamur

Pengobatan terhadap bengkak di sekitar kemaluan pria bisa dilakukan dengan menggunakan krim dan konsumsi tablet antijamur secara rutin. Obat ini biasanya digunakan unutk mengobati balanitis yang disebabkan oleh infeksi jamur candida.
 

• Obat antibiotik

Penyakit balanitis tak hanya disebabkan oleh jamur, namun juga akibat infeksi bakteri. Untuk menangani bakteri penyebab balanitis, dokter akan memberikan obat antibiotik. Beberapa jenis antibiotik yang digunakan berbeda, termasuk pada infeksi bakteri anaerobik.


• Krim steroid ringan

Pemberian krim steroid ringan ini berguna untuk mengatasi balanitis yang disebabkan oleh inflamasi atau alergi. Krim ini juga bisa digunakan sebagai tambahan pengobatan, namun harus tetap di bawah pengawasan dokter.


• Melakukan sunat

Sunat atau khitan dilakukan untuk menangani balanitis yang sudah terjadi secara berulang dan penderitanya memiliki kondisi fimosis. Sunat merupakan cara paling efektif untuk menyembuhkan balanitis yang sering kambuh.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Munculnya bengkak di sekitar kemaluan pria bisa ditangani dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena fasilitas yang dimiliki lengkap dan layanan medisnya sudah memenuhi standar kesehatan.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga memudahkan pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Anda juga bisa melakukan konsultasi secara online dan gratis sebelum memeriksakan kondisi kesehatan. Melalui konsultasi ini, pasien akan mengetahui penyebab serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.