Sel16Jul201909:27

Kenapa Ujung Penis Bengkak?

 

Pernahkan Anda mengalami ujung penis bengkak? Jangan meremehkannya, karena penis bengkak bisa juga disebabkan oleh adanya penyakit yang berbahaya. Masalah penis yang bengkak terutama pada bagian ujungnya merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu. Apalagi fungsi penis juga dapat terganggu jika terjadi pembengkakan pada bagian ujungnya.

ujung penis bengkak
ujung penis bengkak


Pembengkakan pada penis ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satu faktor yang sering ditemui pada penderita penis bengkak adalah penyakit balanitis. Apa itu penyakit balanitis? Bahayakah? Untuk mengetahui informasi mengenai penyakit balanitis maupun penyebab ujung penis yang bengkak, silahkan simak informasi di bawah ini.

Siapa Yang Mengalami Penis Bengkak?


Masalah penis bengkak dapat terjadi kepada siapa saja tanpa memandang usia. Pasalnya penyebab penis yang bengkak tidak terbatas hanya karena satu penyebab saja. Pembengkakan pada penis ini dapat terjadi karena infeksi bakteri maupun virus yang dialami oleh pria. pada anak-anak penis yang bengkak biasanya disebabkan oleh adanya gangguan fimosis atau disebut juga sebagai kulup panjang. Kulup panjang merupakan salah satu gangguan pada penis yang terjadi pada bagian kulit penis atau kulup.

Kulup penis yang terlalu panjang dan tidak dapat ditarik ke belakang dapat menyebabkan masalah terutama ketika akan buang air kecil. Pada anak-anak, hal ini wajar terjadi karena kulit penis akan bertambah elastis seiring bertambahnya usia. Namun, jika kulup panjang atau fimosis terjadi pada pria dewasa, maka dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah penis bengkak atau gejala yang biasa terjadi pada penderita balanitis.


Kenapa Ujung Penis Bengkak?


Ujung penis mengalami pembengkakan dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

• Kurang terjaganya kebersihan alat kelamin

Membersihkan penis setiap sebelum dan setelah berhubungan seksual penting dilakukan untuk mencegah adanya infeksi bakteri maupun jamur pada alat kelamin.

• Kulup panjang atau fimosis

Penis yang memiliki kulup panjang yang biasanya dialami oleh pria yang tidak melakukan sunat adalah penyebab utama dari penis bengkak. Hal ini karena kulup panjang menghalangi kita untuk membersihkan penis bagian dalam kulup dimana terkadang ada kotoran yang menempel dan memicu adanya infeksi.

• Alergi

Selain itu alergi terhadap bahan kimia yang terdapat dalam sabun pembersih kemaluan dapat membuat penis mengalami pembengkakan. Alergi terhadap obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi juga bisa jadi salah satu penyebab ujung penis bengkak.

Untuk mengetahui penyebab kulup bengkak, maka lakukan pemeriksaan ke dokter. Ujung penis bengkak yang tidak segera diobati dapat semakin parah dan memicu adanya infeksi virus maupun bakteri. Jika penis bengkak terjadi pada anak-anak, maka cara untuk mengurangi bengkaknya dapat menggunakan obat, namun jika pada pria dewasa, mungkin akan membutuhkan metode penyembuhan lain seperti melakukan sunat bagi yang belum sunat. Pasalnya yang sering mengalami masalah penis bengkak di kalangan pria dewasa adalah mereka yang belum sunat. Bagaimanapun, sunat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan penis salah satunya adalah mencegah penis bengkak.
ujung penis bengkak
ujung penis bengkak

Mengobati Penis Bengkak dengan Sunat


Bagi masyarakat Indonesia, sunat merupakan hal yang biasa dilakukan baik karena alasan tradisi ataupun agama. Meski begitu, sunat sekarang telah banyak dijalani mereka yang bahkan tidak memiliki alasan tradisi maupun agama. Hal ini karena sunat memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan alat kelamin. Manfaat sunat diantaranya:

• Pertumbuhan penis optimal.
• Mencegah adanya penyakit menular seksual.
• Penis mudah dibersihkan.
• Mencegah ujung penis bengkak.


Sunat pada anak-anak mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan sunat untuk pria dewasa? Karena kulit dan otot penis pria dewasa berbeda dengan penis anak-anak, maka metode yang digunakan sebaiknya berbeda. Pada dewasa sunat dengan menggunakan metode laser mungkin akan lebih sesuai. Untuk lebih jelasnya tentang ujung penis bengkak dan cara mengobatinya datang langsung saja ke Klinik Utama Sentosa. Atau konsultasikan masalah Anda dengan dokter kami di nomor 081366657878.