Sel12Feb201914:55

Kenapa Ada Bengkak Pada Kemaluan Lelaki?

Bengkak pada kemaluan lelaki biasanya menandakan adanya penyakit balanitis. Balanitis merupakan peradangan yang terjadi pada ujung kepala kelamin atau glans. Kondisi ini bisa dialami oleh pria dari segala golongan usia, terutama yang tidak melakukan sunat atau khitan. Beberapa hal lainnya yang memicu seseorang terkena balanitis, dapat berupa infeksi jamur, infeksi bakteri, memiliki riwayat penyakit menular seksual, iritasi kulit kulup, dan akibat adanya kelainan kulit lainnya.

bengkak pada kemaluan lelaki
bengkak pada kemaluan lelaki

Apa Saja Gejala dari Penyakit Balanitis Pada Pria?

Penyebab bengkak pada kemaluan lelaki disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kelainan kulit, peradangan pada organ kelamin, mengalami infeksi, memiliki riwayat penyakit diabetes, mengalami fimosis atau kulup panjang, dan melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Adanya bengkak pada kemaluan lelaki termasuk salah satu gejala dari penyakit balanitis. Beberapa gejala penyakit balanitis lainnya, adalah sebagai berikut:


• Kemerahan pada kepala organ kelaimin.
• Adanya lepuhan atau ulcer pada kemaluan.
• Kemaluan terasa keras, kering, atau kaku.
• Pembengkakan pada kepala kemaluan pria.
• Sakit atau nyeri ketika buang air kecil.
• Keluarnya cairan kental yang berbau tidak sedap.
• Pembengkakan pada kelenjar limfe atau limfoadenopati.
• Muncul gejala sistematik, seperti demam dan mual.

Selain beberapa penyebab dari adanya bengkak pada kemaluan lelaki tersebut, faktor risiko lain juga dapat menjadi pemicu. Faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena balanitis, antara lain memiliki daya tahan tubuh yang rendah, kebersihkan organ kelamin pria yang tidak terjaga dengan baik, penggunaan obat antibiotik oral, dan adanya iritasi akibat bahan kimia pada kepala kelamin.

Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan?

Pengobatan terhadap bengkak pada kemaluan lelaki bisa dilakukan bergantung pada faktor penyebabnya. Penanganan pada penyakit balanitis baru bisa dilakukan berdasarkan saran dokter setelah pemeriksaan fisik. Beberapa metode atau cara menangani penyakit balanitis pada pria, adalah sebagai berikut:


• Tablet atau krim antijamur

Cara pengobatan balanitis pada pria bisa dilakukan dengan menggunakan krim atau salep anntijamur. Selain itu, untuk mendapatkan kesembuhan maksimal obat antijamur dalam bentuk tablet bisa Anda konsumsi secara rutin sesuai anjuran dokter.


• Obat antibiotik

Pengunaan antibiotik dapat digunakan untuk menangani infeksi akibat bakteri. Beberapa jenis antibiotik bisa dikonsumsi secara rutin guna menghilangkan infeksi yang terjadi di dalam tubuh akibat bakteri anaerobik.


• Krim steroid ringan

Balanitis yang diakibatkan oleh inflamasi atau alergi dapat ditangani dengan mengoleskan krim steroid ringan. Krim ini juga dapat digunakan sebagai tambahan pada pengobatan balanitis untuk mengurangi peradangan yang terjadi.


• Melakukan sunat

Jika gejala balanitis tidak kunjung mereda dan masih terjadi secara berulang, maka tindakan sunat harus segera dilakukan. Sunat atau khitan merupakan pilihan pengobatan penyakit balanitis yang paling efektif dengan mengangkat sebagian atau keseluruhan kulit kulup pada kelamin.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menangani bengkak pada kemaluan lelaki yang paling tepat adalah melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan penanganan terbaik karena dilakukan oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga telah menggunakan peralatan medis yang canggih berteknologi modern. Hal inilah yang menyebabkan proses penyembuhan berbagai penyakit menjadi lebih cepat dan mudah. Tak hanya itu, klinik ini juga menawarkan layanan konsultasi secara online dan gratis guna memudahkan pasien mengetahui penyebab penyakit. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.