Jum01Feb201913:48

Kenapa Ada Bengkak Pada Batang Kemaluan?

Bengkak pada batang kemaluan merupakan salah satu pertanda Anda mengalami penyakit balanitis. Balanitis merupakan peradangan yang terjadi di area kulup maupun sekitar kepala organ kelamin pria. Tidak ada batasan usia bagi pria sehingga penyakit balanitis dapat dialami oleh siapa saja. Gejala penyakit balanitis biasanya berupa adanya kemerahan pada organ kelamin, muncul gatal hingga nyeri di area sekitar kelamin, dan keluarnya cairan asing.

bengkak pada batang kemaluan
bengkak pada batang kemaluan

Penyebab Umum Penyakit Balanitis Pada Pria

Infeksi atau bengkak pada batang kemaluan terjadi karena kulup merupakan bagian yang paling mudah kotor. Bakteri serta jamur mudah menginfeksi batang kemaluan hingga menyebabkan munculnya peradangan. Selain itu, penggunaan sabun dengan kandungan parfum serta memakai losion di sekitar organ kelamin dapat memicu bagian kulit tertentu meradang. Beberapa penyebab lain dari penyakit balanitis adalah sebagai berikut:


• Kondisi kulit tertentu

Bengkak pada kemaluan akibat penyakit balanitis dapat dipicu oleh penyakit kulit tertentu, seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Ketiga jenis penyakit kulit ini umumnya menyebabkan munculnya gejala, berupa rasa sakit, nyeri, hingga kemerahan.
 

• Peradangan di kelamin

Peradangan atau iritasi yang terjadi di organ kelamin biasanya disebabkan oleh penggunaan pelindung atau kondom dengan kandungan kimia, alergi terhadap sabun deterjen yang tersisa di celana dalam, dan menggunakan sabun mandi dengan kandungan parfum.


• Mengalami diabetes

Bengkak pada batang kemaluan bukan hanya disebabkan oleh infeksi, namun bisa dikarenakan adanya riwayat penyakit diabetes sebelumnya. Pria dengan penyakit diabetes berpeluang besar menderita balanitis karena glukosa dalam urin yang dikeluarkan memicu tumbuhnya bakteri.


• Melakukan seks yang tidak aman

Balanitis yang ditandai dengan bengkak pada batang kemaluan dapat terjadi karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Selain itu, penyakit menular seksual, seperti herpes genital, klamidia, dan sipilis juga bisa menyebabkan penyakit balanitis pada pria.


Perawatan Terhadap Pembengkakan di Batang Kemaluan

Bengkak pada batang kemaluan akibat balanitis akan semakin parah jika tidak segera ditangani. Balanitis dapat memicu munculnya komplikasi atau bahaya yang lebih serius, seperti terbentuknya jaringan parut pada organ kelamin, terjadi gangguan pada aliran darah, dan menyempitnya ujung bukaan di saluran kemih. Untuk menangani bengkak pada batang kemaluan, maka beberapa cara berikut dapat dilakukan, yakni:

• Mengonsumsi obat sesuai penyebab, biasanya diberikan antibiotik untuk bakteri dan jamur guna mengurangi rasa gatal dan nyeri.
• Penggunaan krim steroid dengan kadar ringan, biasanya diberikan untuk mencegah infeksi semakin parah.
• Tindakan sunat, biasanya dilakukan jika penyakit balanitis mengalami gejala berulang-ulang serta kulup tidak dapat ditarik untuk dibersihkan.
• Menghentikan penggunaan sabun dengan kandungan pengharum atau parfum, biasanya dilakukan agar peradangan tidak kembali terjadi.
 

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Pria yang memiliki bengkak pada batang kemaluan dapat menjalani pengobatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena fasilitas yang dimiliki lengkap dan layanan medisnya sudah memenuhi standar kesehatan.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga memudahkan pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Anda juga bisa melakukan konsultasi secara online dan gratis sebelum memeriksakan kondisi kesehatan. Melalui konsultasi ini, pasien akan mengetahui penyebab serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878 .