Kam21Mar201911:33

Kenapa Ada Bengkak di Kemaluan Pria?

Bengkak di kemaluan biasanya merupakan pertanda penyakit balanitis yang sering diderita oleh pria. Penyakit balanitis akan menyebabkan munculnya rasa nyeri atau iritasi pada kulit dan kepala kelamin. Kodisi ini lebih sering terjadi pada pria yang belum melakukan sunat atau khitan. Selain bengkak di kemaluan, gejala balanitis lainnya adalah adanya kemerahan, bagian kulup sulit digerakkan, keluar cairan asing dari kelamin, dan gatal hingga nyeri pada testis.
bengkak di kemaluan
bengkak di kemaluan

Penyebab Penyakit Gonore Serta Gejalanya

Penyebab seorang pria mengalami bengkak di kemaluan bisa dipicu oleh kebersihan yang buruk dan tidak terjaga dengan baik. Penyakit balanitis biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri atau jamur, mengalami alergi, infeksi saluran kemih, memiliki riwayat penyakit menular seksual, hubungan seksual yang tidak aman, cedera atau trauma, dan mengetatnya kulup kelamin sehingga urin, bakteri, atau mikroorganisme lainnya terjebak.
 


Bengkak di kemaluan pria bisa pula dipicu karena terlalu berlebihan ketika membersihkannya. Selain itu, sabun yang mengandung parfum juga menjadi salah satu penyebab kulit kelamin menjadi iritasi. Munculnya bengkak di kemaluan terkadang disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit, seperti diabetes yang tidak terkontrol. Tak hanya bengkak di kemaluan, gejala penyakit balanitis lain yang menyertai, adalah sebagai berikut:

• Kemerahan di kulit atau ujung kelamin pria.
• Sulit buang air kecil sehingga menyebabkan nyeri.
• Keluarnya kotoran dari kemaluan yang berbau busuk.
• Terdapat bintik merah pada kulit kepala kelamin.


Penanganan Tepat Penyakit Balanitis Pada Pria

Pengobatan penyakit balanitis bergantung pada usia, penyebab, serta seberapa aktif seseorang secara seksual. Bengkak di kemaluan ditangani dengan menarik ke belakang kulit ujung kelamin dan merendam daerah yang sakit di dalam air hangat. Gejala balanitis yang masih ringan biasanya hanya membutuhkan krim antibiotik. Namun, jika kasus balanitis sudah berat, dokter akan meresepkan obat antibiotik minum dan krim kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan. Beberapa cara merawat organ kelamin yang terkena balanitis, antara lain:


• Memberikan pengobatan yang sesuai, seperti antibiotik sesuai resep dokter.
• Hentikan penggunaan sabun dengan bahan pengharum atau parfum.
• Lakukan sunat guna menghindari bersarangnya kotoran pada kulup kelamin.
• Bersihkan kemaluan secara teratur dengan mendorong ke belakang kantung kelamin.

Untuk mengurangi pembengkakan pada kelamin, Anda bisa melakukan tindak pencegahan. Beberapa cara mencegah penyakit balanitis adalah selalu cuci tangan sebelum ke toilet, hindari menggunakan celana ketika organ kelamin masih dalam keadaan basah, tidak bergonta ganti pasangan seksual, selalu gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual, dan rutin bersihkan ujung kelamin setiap hari dengan menggunakan air bersih dan sabun tanpa kandungan pengharum.


Segera Lakukan Konsultasikan di Klinik Utama Sentosa

Adanya bengkak di kemaluan pria bisa ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.