Jum24Mei201915:32

Hindari Penyebab Penyakit Balanitis Ini!

 

Ada banyak penyebab penyakit balanitis, dan bakteri maupun jamur hanyalah salah satu dari berbagai penyebab tersebut. Balanitis merupakan penyakit yang menyerang lelaki yaitu pada bagian alat kelamin lelaki. Balanitis dapat dialami pria berbagai usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Meskipun bukan termasuk penyakit yang serius, namun balanitis ini dapat memicu penyakit lain jika tidak segera diberikan pengobatan.



Penyebab penyakit balanitis ini banyak macamnya, dimana salah satunya adalah akibat kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin. Balanitis dapat disebabkan oleh jamur yang menginfeksi bagian alat kelamin pria terutama kepala penis. Dapat juga terjadi karena adanya penyakit menular seksual. Biasanya penyakit balanitis ini dialami oleh mereka yang belum atau tidak disunat. Balanitis merupakan sebuah kondisi dimana kepala penis mengalami pembengkakan disertai dengan adanya rasa nyeri.

Gejala Penyakit Balanitis Pada Pria Dewasa


Balanitis jarang dialami oleh mereka yang sunat. Salah satu cara untuk mengatasi balanitis juga khitan atau sunat. Tanda penyakit balanitis ini dapat dilihat dari beberapa gejala berikut ini :

• Adanya kemerahan di sekitar kepala penis
• Adanya iritasi
• Penis terasa nyeri
• Pembengkakan pada kepala penis
• Penis terasa kaku dan kering
• Rasa tidak nyaman setiap buang air kecil
• Kulup sulit ditarik dan terkadang mengeluarkan cairan kental.

Pada beberapa orang dapat mengalami gejala seperti demam atau mual, hanya saja hal ini tidak sering terjadi. Gejala yang dialami oleh setiap orang bisa saja berbeda, namun kurang lebih gejala umum yang sering terjadi seperti yang telah disebutkan di atas.

Penyebab Penyakit Balanitis


Jika gejala tersebut sudah sulit diobati, maka pilihan terakhir yang bisa dilakukan adalah pergi ke rumah sunat kelapa gading agar kulup bisa disembuhkan. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui berbagai hal yang bisa menjadi penyebab penyakit balanitis, mulai dari alergi, hingga infeksi jamur maupun bakteri akibat kurangnya menjaga kebersihan tubuh terutama pada bagian alat kelamin.

• Infeksi menular seksual

Salah satu penyebab penyakit balanitis adalah adanya infeksi menular seksual seperti gonore, klamidia, dan maupun herpes genital.

• Kebersihan alat kelamin kurang terjaga

Seseorang yang tidak disunat lebih rentan mengalami kulup yang tidak dapat ditarik ke belakang. Jika terjadi iritasi pada kulup, maka akan ada cairan kotor yang tertahan di dalamnya dan dapat menyebabkan terjadinya penyakit balanitis.



• Infeksi akibat selain hubungan seksual

Ada berbagai jenis jamur yang hidup di kulit kita, jika jumlahnya wajar maka tidak berbahaya, namun jika sudah melebihi jumlah seharusnya akan menyebabkan adanya infeksi. Salah satu jenis jamur penyebab infeksi non seksual tersebut adalah jamur candida. Faktor pemicu terjadinya infeksi ini diantaranya adalah menderita fimosis, diabetes, ataupun terjadinya alergi maupun iritasi.

• Alergi

Alergi terhadap bahan kimia yang terdapat pada sabun juga dapat menjadi penyebab penyakit balanitis. Entah itu sabun deterjen yang tersisa di celana, atau sabun untuk membersihkan penis karena bagian kepala penis merupakan bagian yang cukup sensitif pada zat kimia.

Diagnosis Dan Perawatan Terhadap Penyebab Balanitis


Untuk mendiagnosis penyakit balanitis dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari pemeriksaan fisik hingga beberapa pemeriksaan lainnya untuk mengetahui penyebab penyakit balanitis. Pemeriksaan gula juga diperlukan untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit diabetes. Setelah diketahui penyebabnya, barulah dapat diputuskan jenis pengobatan dan perawatan apa saja yang perlu dilakukan.


Jika Anda mengalami gejala balanitis di atas, segeralah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Ada beberapa cara untuk mengatasi balanitis ini, salah satunya adalah dengan melakukan khitan bagi yang belum dikhitan. Diagnosis balanitis maupun pengobatannya dapat Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Silahkan sampaikan keluhan Anda dan berkonsultasi dengan dokter kami di 081366657878.