Min05Mei201916:40

Gejala Peradangan Pada Ujung Penis Pria

Gejala peradangan pada ujung penis atau dikenal dengan penyakit balanitis termasuk pembengkakan, kemerahan serta pegal pada ujung penis. Kondisi ini juga mungkin disebabkan karena adanya cairan tebal yang berada di bawah kulup.
Gejala Peradangan Pada Ujung Penis Pria
Gejala Peradangan Pada Ujung Penis Pria
Balanitis atau peradangan pada ujung penis hanya terjadi pada pria yang tidak disunat, beberapa gejala peradangan pada ujung penis atau gejala penyakit balanitis yang terjadi pada pria, antara lain:

• Kemerahan pada glans (ujung penis).
• Pembengkakan di kepala penis.
• Cairan smegma yang keluar dari penis berbau busuk).
• Buang air kecil terasa menyakitkan.
• Sulit buang air kecil.
• Tidak mampu untuk menarik kulup kembali (fimosis).
• Tidak mampu untuk mengembalikan kulup di atas penis (parafimosis).

Munculya gejala perandangan pada pada ujung penis, kondisi ini dapat menjadi tanda dari sebuah kondisi lain, seperti penyakit menular seksual (PMS) atau sariawan (infeksi jamur). Oleh sebab itu penting untuk segera melakukan konsultasi dengan tenaga medis kesehatan jika Anda merasakan gejala peradangan pada ujung penis segera.



Penyebab balanitis

Penyebab balanitis termasuk penumpukan zat yang disebut smegma, akibat infeksi jamur, serta infeksi menular seksual (IMS).

Smegma. Kebanyakan kasus balanitis terjadi saat kulit teriritasi penumpukan zat yang berbau seperti keju yang disebut dengan smegma. Smegma merupakan pelumas alami membuat kepala penis tetap lembab, ditemukan dikepala penis dibawah kulup. Pada anak laki-laki, smegma dapat menumpuk karena mungkin sulit untuk menarik kulup di usia ini sehingga sulit dibersihkan. Penumpukan smegma akan menyebabkan balanitis pada pria yang tidak disunat dan tidak menjaga kebersihan penis.

Penyebab balanitis, antara lain:

• Infeksi jamur.
• Infeksi bakteri (bakteri streptokokus jenis bakteri penyebab balanitis).
• Reaksi alergi atau iritasi, disebabkan reaksi kulit akibat zat tertentu (mandi busa, atau sabun).
• Kondisi kulit yang mendasarinya, seperti eksim, dan psoriasis.

Baca juga: 3 Penyebab balanitis penyebab penis bengkak! klik disini

Diagnosis dan pengobatan balanitis

Dokter mendiagnosis balanitis dengan kemerahan serta penampilan gejala peradangan pada ujung penis yang membengkak. Awalnya mungkin Anda merasa malu mengunjungi dokter, namun penting untuk Anda untuk melakukannya. Sebab gejala bisa menjadi tanda dari sebuah kondisi mendasar dari penyakit yang lebih serius, seperti diabebetes.

Untuk menentukan apa yang menjadi penyebab peradangan pada ujung penis, dokter akan memeriksa penis serta mengajukan beberapa pertanyaan yang dapat membantu menentukan penyebab yang mandasrinya, dan pengobatan balanitis akan dilakukan tergantung pada apa yang menyebabkan kondisi tersebut.

Pengobatan balanitis yang aman dan efektif, termasuk mencegah agar balanitis tidak berulang dikemudian hari adalah dengan melakukan tindakan sunat dewasa. Anda tidak perlu khawatir sebab saat ini tersedia metode sunat dewasa terbaru, namun pastikan Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin.



Balanitis? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Sebaiknya untuk tidak mengabaikan gejala peradangan pada ujung penis yang mungkin Anda alami saat ini dan tidak mengoleskan krim sembarangan pada area peradangan tanpa anjuran dokter, sebab penis sangat sensitif.

Untuk mendapatkan pengobatan yang aman dan efektif hingga tuntas, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin yang menyediakan metode sunat dewasa terbaru, anda tidak perlu khawatir sebab Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin yang sudah berpengalaman dibidangnya dan sudah banyak menangani kasus sunat dewasa.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait gejala peradangan pada ujung penis, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.