Jum25Jan201916:46

Bisakah Balanitis Sembuh Sendiri?Inilah Pengalaman Nyata Saya

Apakah balanitis dapat sembuh sendiri? Banyak yang mempertanyakan bisakah balanitis sembuh sendiri. Balanitis merupakan infeksi akibat adanya pembengkakan dan rasa nyeri di kepala organ kelamin. Penyakit ini dapat terjadi pada pria di usia berapapun serta sering juga dialami oleh balita dan pria yang belum melakukan sunat atau khitan.
龟头炎sembuh sendiri
balanitis sembuh sendiri

Gejala serta Penyebab Balanitis Pada Pria

Bisakah balanitis sembuh sendiri? Balanitis adalah penyakit pada organ kelamin pria yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi jamur, infeksi bakteri, adanya penyakit menular seksual dalam tubuh, mengalami iritasi pada kulit, dan kelainan kulit lainnya. Penyakit ini bisa ditangani dengan bantuan dokter ahli menggunakan beberapa jenis obat-obatan atau pergi ke rumah sunat kelapa gading. Biasanya, balanitis sembuh sendiri jika gejala masih ringan. Namun, perlu diwaspadai jika sudah memiliki gejala umum, seperti:

• Terdapat bercak kemerahan di kepala kelamin.
• Luka lepuh hingga iritasi pada organ kelamin.
• Pembengkakan pada kepada kemaluan.
• Organ vital terasa keras, kering, dan kaku.
• Rasa tidak nyaman ketika buang air kecil.
• Limfoadenopati atau pembengkakan kelenjar limfa.
• Muncul gejala sistematik, seperti demam dan mual.


Selain itu, bisa tidaknya balanitis sembuh sendiri berdasarkan pada faktor penyebabnya. Dokter biasanya akan melakukan diagnosis guna mendeteksi penyebab balanitis pada pria. Beberapa penyebab seseorang bisa menderita balanitis, adalah sebagai berikut:


• Kebersihan organ kelamin kurang terjaga

Organ kelamin yang belum disunat dapat menimbulkan iritasi akibat adanya smegma. Smegma merupakan kotoran yang terbentuk pada kulup bagian bawah di ujung kelamin akibat belum melakukan sunat. Karena itu, hal ini menjadi faktor utama terjadinya penyakit balanitis.
 

• Adanya infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit balanitis, terutama jika memiliki peradangan pada saluran kemih. Gejala dari penyakit balanitis yang disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual, dapat berupa rasa nyeri saat buang air kecil.

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Balanitis

Bisakah balanitis sembuh sendiri? Balanitis dapat disembuhkan dengan memberikan obat balanitis yang biasa ada di apotek. Obat yang digunakan dapat berupa antibiotik dan juga obat dalam bentuk salep khusus untuk penyembuhan penyakit balanitis. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk menangani balanitis, adalah sebagai berikut:
 
• Krim antibiotik, biasanya digunakan untuk mengobati penyakit balanitis yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri.
 
• Krim dan tablet antijamur, digunakan untuk menangani balanitis yang disebabkan karena adanya infeksi candida.
 
• Krim steroid ringan, biasa digunakan untuk menangani balanitis akibat inflamasi atau peradangan dan alergi pada kulit.

Penyakit balanitis sudah sampai pada tahap yang parah, harus segera dilakukan penanganan lebih lanjut. Penanganan dapat dilakukan dengan melakukan sunat atau khitan dengan bantuan dokter ahli. Sunat atau khitan berguna untuk mengangkat kulup yang dipenuhi kotoran sehingga dapat kembali saat ditarik ke belakang.



Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Apakah balanitis bisa sembuh sendiri bisa Anda ketahui dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya yang berada di daerah Jakarta. Anda bisa melihat klinik utama sentosa review sebelum memastikan untuk melakukan pemeriksaan maupun pengobatan penyakit. 

Karena lokasi klinik yang strategis ini, pasien baru bisa melakukan pemeriksaan dengan mudah. Salah satu keunggulan dari Klinik Utama Sentosa adalah memprioritas pelayanan terhadap pasien agar tercipta kepuasaan serta kenyamanan saat melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin. Informasi lebih lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa menghubungi hotline kami di nomor 081366657878. Untuk mengetahui apakah balanitis bisa sembuh sendiri, berikut review dari salah satu pasiennya.

Contoh yang Berhasil:


Sebelum memulai cerita ini, saya ingin bertanya tentang bisakah balanitis sembuh sendiri tanpa pengobatan dengan dokter ahli atau dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan? Untuk menjawab pertanyaan tentang bisakah balanitis sembuh sendiri ini, simak pengalaman saya dalam proses menyembuhkan penyakit balanitis tersebut bersama salah satu klinik kulit dan kelamin di daerah Jakarta. 

Perkenalkan nama saya Rendi Putra yang saat ini berusia 26 tahun dan pernah terdiagnosis penyakit balanitis. Saya sudah menikah dan sekarang usia pernikahan saya sudah hampir menginjak dua tahun. Saya ini pernah menderita penyakit balanitis akibat tidak melakukan sunat ketika kecil. Ya, ternyata sunat atau pemotongan kulit kelamin ketika masih kecil ini sangat penting dan memiliki manfaat yang sangat besar. Jika sunat tidak dilakukan, maka bisa menyebabkan masalah serius ketika kita sudah beranjak dewasa. 

Karena ketakutan saya ketika kecil untuk disunat, akhirnya hingga dewasa seperti ini saya menderita penyakit balanitis. Saya merasakan gejala penyakit balanitis ketika sudah menikah dan kondisi ini membuat saya tidak nyaman. Penyakit balanitis ini mengakibatkan organ kelamin saya membengkak dan muncul iritasi di kulit dan kepala penis. Pada awalnya saya tidak tahu jika penyakit ini adalah balanitis sebelum mencari tahu informasinya di internet. Informasi di internet sangat sama dengan gejala yang saya rasakan sehingga saya menyimpulkan jika saya terkena penyakit balanitis. 

Karena penyakit balanitis yang saya derita ini bertambah parah dan tidak bisa saya tahan lagi, akhirnya saya dan istri memutuskan melakukan pengobatan sendiri tanpa bantuan dokter ahli. Awalnya, pengobatan saya lakukan secara tradisional dengan obat yang saya dapat secara sembarangan. Obat yang saya dapatkan melalui pengobatan tradisional ini justru membuat kondisi organ kelamin semakin parah. Dengan perasaan hampir putus asa, saya membuka internet dan membaca informasi tentang bisakah balanitis sembuh sendiri. Dan akhirnya, bertemu dengan salah satu klinik penyakit kulit dan kelamin yang terletak tidak jauh dari rumah saya dan istri di daerah Jakarta.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik yang berhasil menyembuhkan penyakit balanitis saya. Bagaimana cara balanitis bisa sembuh? Berapa biaya pengobatannya? Pertama-tama saya akan menceritakan bagaimana saya akhirnya memutuskan untuk berobat di klinik ini. Awalnya, saya mencari informasi di internet dan menemukan website klinik ini di halaman pertama. Karena penasaran, saya pun membaca websitenya dan mencari tahu bagaimana review dari orang-orang yang pernah berobat disini. Karena review dari klinik ini cukup bagus, akhirnya saya memberanikan diri untuk memencet fitur konsultasi di pop up live chatnya.

Konsultasi dengan dokter pun dimulai dan benar saja diagnosis yang diberikan adalah penyakit balanitis. Dokter yang telah mendiagnosis saya secara online ini menyarankan untuk datang langsung ke klinik agar diagnosis penyakit bisa diketahui lebih lanjut. Tanpa pikir panjang, saya yang saat itu ditemani oleh istri datang ke klinik setelah melakukan reservasi online terlebih dahulu. Tidak menunggu lama, suster pun memanggil nama saya untuk masuk ke dalam ruangan tanpa ditemani istri. 

Saya pun kembali bertemu dengan dokter yang telah mendiagnosis melalui online chat dan segera menyuruh untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel kotoran yang keluar dari organ kelamin. Sampel ini bisa membantu menentukan hasil diagnosis. Selain tes laboratorium, saya juga menjalani pemeriksaan darah untuk melihat apa penyebab penyakit balanitis terjadi akibat tertular infeksi menular seksual dari pasangan. 

Setelah hasil diagnosis diketahui, dokter pun menjelaskan penyebab penyakit dan cara-cara penanganannya. Butuh beberapa kali pengobatan sebelum penyakit benar-benar hilang dan sembuh. Pengobatan juga dibantu dengan menggunakan krim untuk memulihkan iritasi lebih cepat. Karena penyakit saya biarkan, dokter menyarankan untuk melakukan sunat laser agar penyakit sembuh secara total. Sebelum menjalani operasi sunat laser dokter menjelaskan manfaat sunat laser seperti proses operasi dan operasi penyembuhan yang lebih cepat. Dan paling penting biaya yang dikeluarkan tidak tinggi dan saya sangat puas karena penyakit telah sembuh dan tidak berlanjut ke tahap yang lebih serius. 



Dokter dari klinik ini juga menyarankan beberapa pencegahan yang bisa saya lakukan di rumah selama masa pengobatan masih berjalan. Saya disarankan untuk selalu menjaga kebersihan organ kelamin, tidak membersihkan organ kelamin terlalu keras, dan tidak menggunakan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia untuk menghindari terjadinya iritasi kembali. Pengobatan balanitis paling ampuh adalah dengan melakukan sunat laser yang bisa juga dilakukan pada pria dewasa. Akan tetapi, untuk membantu penyembuhan saran-saran dokter seperti pengobatan dengan krim dan pencegahan perlu juga dilakukan. 

Selain puas dengan hasil pengobatannya, pelayanan yang diberikan Klinik Utama Sentosa juga sangat bagus. Dokter dan suster yang bertugas sangat ramah sehingga saya tidak merasa takut dan khawatir selama pengobatan dilakukan. Ruangan di klinik ini juga bersih dan nyaman yang membuat saya tidak ragu untuk melanjutkan perawatan hingga selesai. Selama perawatan dilakukan, ruangan perawatan hanya boleh dimasukin oleh dokter dan pasiennya. Inilah yang menjadi salah satu keunggulannya karena privasi pasien bisa terjaga dengan baik.

Penyakit balanitis saya saat ini sudah sembuh dan saya ingin berterima kasih kepada Klinik Utama sentosa dan dokter yang telah merawat saya. Dokter memberikan perawatan dengan sabar dan menjelaskan langkah-langkah tepat agar penyakit sembuh dengan cepat. Selain itu, saya juga sangat berterima kasih dengan perawat atau tenaga medis yang bertugas karena telah banyak membantu berbagai keperluan saya mulai dari awal kedatangan hingga selama pemeriksaan rutin dilakukan. 

Jadi, bagi kalian yang merasa organ kelaminnya terasa tidak normal atau mengalami perubahan sesegera mungkin melakukan pemeriksaan. Balanitis sembuh sendiri tidak akan terjadi karena penyakit ini hanya bisa ditangani oleh dokter yang berpengalaman. Jika penyakit dibiarkan tanpa pengobatan bisa saja mengakibatkan komplikasi. Saya sangat menyesal karena tidak segera melakukan penanganan bersama dokter dan malah menggunakan sembarang obat yang tidak diketahui kegunaannya secara jelas. Dibalik itu, terdapat juga bahaya yang mengintai apabila menggunakan obat palsu atau sembarangan terutama pada organ vital seperti kemaluan. Tindakan ini tidak saja akan merugikan diri sendiri tetapi juga masa depan dan kehidupan rumah tangga. 

Organ kelamin yang bengkak kerap kali dianggap tidak berbahaya oleh sebagian orang. Padahal apabila dibiarkan terus menerus akan muncul rasa tidak nyaman terutama bagi Anda yang sudah menikah. Sebelum penyakit bertambah parah, obati segera dengan dokter yang telah terpercaya. Penyakit yang diobati pada awal gejala muncul biasanya hanya membutuhkan biaya yang sedikit. Tetapi, jika sudah berkembang lebih serius dan menyebabkan komplikasi akan membuat biaya yang dikeluarkan semakin banyak. Saya juga berharap agar kalian yang sudah merasakan gejalanya, segera lakukan pemeriksaan dan obati dengan obat yang telah diresepkan dokter ahli. Jangan pernah menunda pengobatan karena hanya akan membuat biaya pengobatan membengkak sehingga menyebabkan penyakit yang Anda derita tidak tertangani dengan cepat dan tepat.