Jum25Jan201916:46

Bisakah Balanitis Sembuh Sendiri?

Apakah balanitis bisa sembuh sendiri? Banyak yang mempertanyakan bisakah balanitis sembuh sendiri. Balanitis merupakan infeksi akibat adanya pembengkakan dan rasa nyeri di kepala organ kelamin. Penyakit ini dapat terjadi pada pria di usia berapapun serta sering juga dialami oleh balita dan pria yang belum melakukan sunat atau khitan.
balanitis sembuh sendiri
balanitis sembuh sendiri

Gejala serta Penyebab Balanitis Pada Pria

Bisakah balanitis sembuh sendiri? Balanitis adalah penyakit pada organ kelamin pria yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi jamur, infeksi bakteri, adanya penyakit menular seksual dalam tubuh, mengalami iritasi pada kulit, dan kelainan kulit lainnya. Penyakit ini bisa ditangani dengan bantuan dokter ahli menggunakan beberapa jenis obat-obatan. Biasanya, balanitis sembuh sendiri jika gejala masih ringan. Namun, perlu diwaspadai jika sudah memiliki gejala umum, seperti:

• Terdapat bercak kemerahan di kepala kelamin.
• Luka lepuh hingga iritasi pada organ kelamin.
• Pembengkakan pada kepada kemaluan.
• Organ vital terasa keras, kering, dan kaku.
• Rasa tidak nyaman ketika buang air kecil.
• Limfoadenopati atau pembengkakan kelenjar limfa.
• Muncul gejala sistematik, seperti demam dan mual.



Selain itu, bisa tidaknya balanitis sembuh sendiri berdasarkan pada faktor penyebabnya. Dokter biasanya akan melakukan diagnosis guna mendeteksi penyebab balanitis pada pria. Beberapa penyebab seseorang bisa menderita balanitis, adalah sebagai berikut:


• Kebersihan organ kelamin kurang terjaga

Organ kelamin yang belum disunat dapat menimbulkan iritasi akibat adanya smegma. Smegma merupakan kotoran yang terbentuk pada kulup bagian bawah di ujung kelamin akibat belum melakukan sunat. Karena itu, hal ini menjadi faktor utama terjadinya penyakit balanitis.
 

• Adanya infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit balanitis, terutama jika memiliki peradangan pada saluran kemih. Gejala dari penyakit balanitis yang disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual, dapat berupa rasa nyeri saat buang air kecil.

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Balanitis

Bisakah balanitis sembuh sendiri? Balanitis dapat disembuhkan dengan memberikan obat balanitis yang biasa ada di apotek. Obat yang digunakan dapat berupa antibiotik dan juga obat dalam bentuk salep khusus untuk penyembuhan penyakit balanitis. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk menangani balanitis, adalah sebagai berikut:
 
• Krim antibiotik, biasanya digunakan untuk mengobati penyakit balanitis yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri.
 
• Krim dan tablet antijamur, digunakan untuk menangani balanitis yang disebabkan karena adanya infeksi candida.
 
• Krim steroid ringan, biasa digunakan untuk menangani balanitis akibat inflamasi atau peradangan dan alergi pada kulit.

Penyakit balanitis sudah sampai pada tahap yang parah, harus segera dilakukan penanganan lebih lanjut. Penanganan dapat dilakukan dengan melakukan sunat atau khitan dengan bantuan dokter ahli. Sunat atau khitan berguna untuk mengangkat kulup yang dipenuhi kotoran sehingga dapat kembali saat ditarik ke belakang.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Apakah balanitis bisa sembuh sendiri bisa Anda ketahui dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya yang berada di daerah Jakarta. Di klinik ini, Anda akan ditangani dengan dokter ahli dan berkompeten di bidangnya.
 
Selain itu, klinik ini juga terletak di lokasi yang strategis sehingga memudahkan pasien baru untuk melakukan pemeriksaan. Salah satu keunggulan dari Klinik Utama Sentosa adalah memprioritas pelayanan terhadap pasien agar tercipta kepuasaan serta kenyamanan saat melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin. Informasi lebih lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa menghubungi hotline kami di nomor 081366657878.