Min16Jun201909:27

Bagaimana Mengatasi Penis Anak Bengkak?

Penyebab penis anak bengkak bisa diakibatkan karena menumpuknya kotoran di kulit kulup yang belum disunat. Biasanya, seseorang yang memiliki pembengkakan pada kelamin didiagnosis sebagai penyakit balanitis. Meskipun bukan penyakit yang serius, namun kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Balanitis merupakan peradangan pada area kulup atau sekitar kepala kelamin.
penis anak bengkak
penis anak bengkak

Penyebab Serta Gejala dari Penyakit Balanitis

Kulup kelamin merupakan bagian yang paling mudah kotor, terutama jika dalam kondisi lembab. Bakteri serta jamur akan mudah tumbuh sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi. Infeksi pada kelamin dapat mengakibatkan kulit pada bagian tersebut mengalami peradangan atau penis bengkak. Tak hanya akibat bakteri, penis bengkak juga bisa disebabkan karena terlalu berlebihan ketika membersihkan kulup atau akibat menggunakan sabun yang mengandung pengharum.



Penis bengkak karena balanitis dapat pula terjadi karena reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu serta adanya penyakit bawaan, seperti diabetes. Selain itu, bagi orang dewasa memperhatikan kebiasaan seks karena balanitis bisa terjadi pada pria yang terinfeksi penyakit menular seksual. Beberapa hal tersebut akan ditandai dengan gejala yang biasanya muncul, yakni sebagai berikut:


• Muncul kemerahan pada orang kelamin.
• Bagian kulup kelamin sulit digerakkan.
• Keluarnya cairan asing dari ujung kemaluan.
• Terasa gatal hingga nyeri pada organ kelamin.

Balanitis tak hanya ditandai dengan pembengkakan, namun juga penis panjang. Jika dibiarkan terlalu lama, penyakit balanitis bisa mengakibatkan komplikasi berupa terbentuknya jaringan parut pada kelamin, gangguan aliran darah pada kemaluan, dan terjadinya penyempitan pada ujung bukaan saluran kemih.


Penanganan Tepat Terhadap Penis Bengkak

Pengobatan terhadap penis anak yang membengkak bisa dilakukan dengan metode sunat. Namun, jika terjadi pada pria, bisa diatasi dengan sunat dewasa. Sekarang ini, sudah banyak klinik yang menyediakan jasa sunat dewasa salah satunya di rumah sunat kelapa gading sehingga tidak perlu khawatir. Pada dasarnya, pengobatan balanitis bergantung faktor penyebabnya. Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi penis bengkak atau balanitis, antara lain:


• Penyebab infeksi biasanya ditangani dengan menggunakan antibiotik. Obat antibiotik ini diberikan guna mengurangi rasa gatal dan nyeri akibat infeksi jamur atau bakteri.
• Memberikan krim dengan kadar ringan yang biasa digunakan jika penyebab balanitis adalah alergi atau iritasi.
• Lakukan sunat sehingga kulup tidak menjadi tempat bersarangnya kotoran, terutama jika balanitis terjadi secara berulang-ulang.

Selain itu, disarankan pula untuk menghentikan penggunaan sabun, losion, ataupun bedak tabur pada organ kelamin. Jika balanitis disebabkan oleh penyakit menular seksual, maka periksakan pula pasangan karena berisiko saling menulari dan dapat menghambat penyembuhan penyakit. Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, beberapa bentuk pencegahan akan disarankan yakni dengan mencuci tangan sebelum ke toilet, bersihkan ujung kelamin setiap hari, hindari mengenakan celana ketika penis masih basah, dan tidak bergonta-ganti pasangan seksual.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit balanitis adalah dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya yang berada di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani dengan dokter ahli dan berkompeten di bidangnya.
 
Selain itu, klinik ini juga terletak di lokasi yang strategis sehingga memudahkan pasien baru untuk melakukan pemeriksaan. Salah satu keunggulan dari Klinik Utama Sentosa adalah memprioritas pelayanan terhadap pasien agar tercipta kepuasaan serta kenyamanan saat melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin. Informasi lebih lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa menghubungi hotline kami di nomor 081366657878.