Min05Mei201916:20

Apakah Salep untuk Balanitis Mampu Mengobati Infeksi?

Salep untuk balanitis dapat menyembuhkan infeksi jika rutin dioleskan sesuai dengan petunjuk dokter. Balanitis atau balanopostitis merupakan peradangan yang terjadi pada ujung kemaluan pria atau glans yang diakibatkan oleh beberapa hal. Biasanya peradangan muncul karena kulit yang menutupi kelamin tidak dikhitan. Faktor lain yang memicu seorang pria menderita balanitis adalah infeksi jamur, infeksi bakteri, penyakit menular seksual, iritasi kulit, dan kelainan kulit.
salep untuk balanitis
salep untuk balanitis

Gejala Penyakit Balanitis Secara Umum

Gejala dari penyakit balanopostitis adalah kemerahan hingga pembengkakan di ujung atau kulit kelamin, nyeri akibat sulit buang air kecil, keluarnya kotoran yang berbau busuk, dan terdapat bintil merah di kulit kepala kemaluan. Selain itu, gejala umum dari penyakit balanitis atau balanopostitis lainnya yang mungkin muncul, dapat berupa:


• Adanya iritasi sehingga muncul lepuhan atau ulcer pada kelamin.
• Kulit kelamin pria terasa kering, keras, serta kaku.
• Merasakan gatal serta ketidaknyaman ketika buang air kecil.
• Sulit untuk menarik preputium atau mengalami masalah fimosis.
• Menimbulkan limfoadenopati, yakni pembengkakan kelenjar getah bening.
• Muncul gejala sistemik, seperti demam dan mual atau muntah.

Balanopostitis atau biasa disebut dengan posthitis adalah radang kulup yang dipicu oleh infeksi bakteri dan jamur. Infeksi pada kemaluan pria terjadi karena tidak menjaga kebersihan alat vital dengan baik, terutama jika belum disunat. Infeksi menular seksual terkadang bisa menyebabkan munculnya gejala balanitis, seperti nyeri saat berkemih dan keluarnya cairan dari uretra. Kulit kepala kelamin sangat sensitif dan mudah bereaksi pada berbagai senyawa kimia hingga menimbulkan iritasi. Beberapa tindakan yang bisa memicu terjadinya iritasi pada kulup, yakni:

• Membersihkan kelamin dengan menggosoknya secara berlebihan.
• Menggunakan pelindung atau kondom berpelumas saat berhubungan seks.
• Adanya sisa deterjen yang tidak terbilas atau tertinggal di celana dalam.
• Terdapat sel kulit mati, keringat, atau urin yang terkumpul di bawah kulup.

Diagnosis Serta Cara Penyembuhan Gejala Balanitis

Banyak yang beranggapan jika balanitis sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Padahal, penanganan balanitis harus dilakukan dengan memberikan obat infeksi jamur pada kemaluan pria dalam bentuk salep. Dokter biasanya menyarankan penderita untuk membeli salep balanitis di apotik. Penggunaan salep untuk balanitis harus sesuai dengan resep dokter dan dilakukan secara teratur. Jika gejala penyakit sudah cukup parah, diagnosis biasanya akan dijalani terlebih dahulu dengan melalui beberapa tes, seperti:


• Pemeriksaan fisik secara langsung serta menanyakan riwayat medisnya.
• Tes darah guna menentukan apakah infeksi yang ada tertular melalui hubungan seks.
• Tes laboratorium dilakukan untuk menentukan apa infeksi diakibatkan oleh jamur.

Pemakaian obat gatal dan bengkak pada kemaluan pria memang efektif untuk menangani gejala balanitis. Namun, cara alami menghilangkan balanitis bisa Anda terapkan guna mempercepat proses penyembuhan penyakit. Cara alami yang dianjurkan dokter adalah mengubah pola atau gaya hidup. Berikut gaya hidup atau pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda dalam mengatasi gejala balanitis.
 
• Rutin bersihkan kemaluan secara perlahan menggunakan sabun dan air hangat.
• Gunakan pelindung atau kondom yang khusus dibuat untuk kulit sensitif.
• Kontrol kondisi kesehatan secara rutin yang mungkin berdampak pada balanitis.
• Kurangi berat badan jika mengalami obesitas atau kelebihan bobot tubuh.
• Pastikan cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh langsung kemaluan.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Resep salep untuk balanitis bisa Anda dapatkan setelah melakukan konsultasi di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Layanan kesehatan akan Anda dapatkan secara maksimal karena perawatan ditangani langsung oleh dokter ahli dan staff media berpengalaman. Selain itu, klinik ini juga ditunjang oleh peralatan media yang telah canggih dan modern.
 
Konsultasi secara online dan gratis bisa menjadi pilihan Anda untuk mengetahui penyakit yang diderita. Biaya penanganan penyakit cukup terjangkau sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Anda bisa melakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa atau hubungi hotline Kami di nomor 081366657878 . Penyakit yang dibiarkan di dalam tubuh dapat memicu komplikasi serius. Karena itu, lakukan pemeriksaan dan perawatan segera dengan Klinik Utama Sentosa.