Sab16Feb201911:53

Apa yang Menyebabkan Kelamin Pria Bengkak?

Salah satu kemungkinan kelamin pria bengkak adalah karena menderita penyakit balanitis. Balanitis merupakan peradangan yang terjadi di sekitar area kulup maupun kepala kelamin. Selain kelamin pria bengkak, gejala lain yang menyertai dapat berupa kemerahan pada organ kelamin, bagian kulup sulit untuk digerakkan, keluarnya cairan asing dari kemaluan, dan terasa gatal hingga nyeri pada kelamin.
kelamin pria bengkak
kelamin pria bengkak

Apa Saja Penyebab Penyakit Balanitis Pada Pria?

Balanitis yang ditandai dengan kelamin pria bengkak ini dapat diderita oleh pria dari segala golongan usia, terutama yang belum melakukan sunat atau khitan. Hal ini dikarenakan kulup pada kelamin pria adalah bagian yang paling mudah kotor karena keadaan yang selalu lembap. Bakteri serta jamur mudah tumbuh pada area lembap sehingga risiko terkena infeksi menjadi lebih tinggi. Selain itu, terdapat beberapa hal lain yang menjadi penyebab balanitis, yaitu:
 


• Adanya infeksi pada saluran kemih.
• Mengalami cedera atau trauma.
• Menderita penyakit menular seksual.
• Hubungan seksual yang tidak aman.
• Kebersihan organ kelamin yang buruk.
• Pengetatan pada kulit kelamin.
• Memiliki suatu alergi tertentu.
• Orang dengan arthritis reaktif.
• Memiliki riwayat penyakit diabetes

Beberapa penyebab tersebut akan memunculkan tanda dan gejala yang umum. Salah satu gejala yang paling mudah dikenali adalah kelamin pria bengkak. Selain itu, gejala lain yang menyertai adalah nyeri serta sulit untuk mengeluarkan air urin, keluarnya kotoran yang berbau busuk, dan terdapat bintil merah pada kulit kepala kelamin pria. Jika gejala tidak segera ditangani, maka dapat menimbulkan lecet dan bisul. Karena itu, pemeriksaan bersama dokter harus segera dilakukan guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Pengobatan Tepat yang Dapat Dilakukan

Pengobatan untuk menyembuhkan kelamin pria bengkak bergantung pada faktor usia, penyebab, keatifan seksual seseorang, dan apakah sudah disunat atau belum. Penanganan biasanya dilakukan dengan menarik kulit ujung kelamin ke belakang dan merendam daerah yang sakit ke dalam air hangat. Dokter juga akan menyarankan penggunaan krim antibiotik untuk meredakan rasa sakit pada daerah yang mengalami kemerahan atau pembengkakan. Berbagai penanganan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan kelamin pria bengkak, antara lain:


• Gunakan krim steroid

Untuk menyembuhkan balanitis yang disebabkan oleh alergi atau iritasi, Anda dapat menggunakan krim steroid dengan kadar ringan. Namun, penggunaan harus diperhatikan jika organ kelamin mengalami infeksi. Jika infeksi terjadi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan efektif sesuai kebutuhan.


• Hentikan penggunaan sabun

Penderita balanitis harus menghentikan penggunaan sabun yang mengandung bahan pengharum guna menghindari peradangan lebih lanjut. Cara membersihkan organ kelamin cukup dengan menggunakan air bersih yang hangat. Selain itu, kenakan juga pakaian dalam yang bersih dan nyaman.

• Lakukan tindakan sunat

Jika peradangan yang terjadi karena adanya kotoran menumpuk pada kulup, penanganan yang dapat dilakukan adalah tindakan sunat. Balanitis yang berulang akan menyebabkan kulup tidak dapat ditarik untuk dibersihkan. Karena itu, sunat menjadi pilihan tepat karena dapat menghilangkan kulup dengan cara yang mudah.

• Periksakan pasangan seksual

Dalam menangani kelamin pria bengkak, pasangan seksual juga harus melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli. Hal ini dikarenakan balanitis dapat dipicu oleh infeksi menular seksual. Selain itu, memeriksakan diri Anda dan pasangan sangat berguna untuk menghindari ping-pong phenomenon yang menyebabkan penderita dan orang lain saling menulari.



Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan pada kelamin pria bengkak dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan medis terbaik dengan menggunakan peralatan medis yang telah canggih dan berteknologi modern. Tak hanya itu, sebelum melakukan penanganan penyakit, Anda dapat berkonsultasi secara online dan gratis terlebih dahulu. Konsultasi ini berguna untuk mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.