Min12Mei201915:25

Apa Penyebab Peradangan Pada Penis?

Penyebab peradangan pada penis dapat disebabkan infeksi, seperti infeksi ragi, infeksi menular seksual (IMS), dan kudis. Saat sekresi terperangkap di bawah kulup, kemungkinan penis akan terinfeksi, yang menyebabkan posthitis.
Apa Penyebab Peradangan Pada Penis?
Apa Penyebab Peradangan Pada Penis?
Penyebab peradangan pada penis yang tidak menular termasuk gangguan kulit, reaksi alergi (pengaruh kondom lateks atau gelkontrol kelahiran), psoriasis, lichen planus, dan penyakit balanitis. Ini akan berkembang jika kulit khatan kencang, dan pria penderita diabetes melitus.

Balanitis adalah peradangan yang menyerang kepala (glans) penis. Ketika kulit khatan terkena, ini disebut balaniposthitis. Penyebab peradangan pada penis atau disebut balanitis dan balanoposthitis terjadi terutama bagi pria yang tidak disunat.

Balanitis mempengaruhi pria disegala usia, balanitis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sekitar 11 persen pria dewasa dan 3 persen terjadi pada anak laki-laki. Umumnya balanitis ditandai dengan area oranye merah atau kemerahan yang mengkilap, tapi juga dapat terlihat bercak kuning pada ujung penis.



Gejala dan diagnosis

Penyebab peradangan pada penis umumnya menunjukkan gejala, seperti:

• Rasa sakit dan gatal.
• Kemerahan.
• Pembengkakan pada ujung penis.
• Debit atau cairan (smegma) dari bawah kulup.

Seringkali gejala dimulai dalam 2 atau 3 hari setelah hubungan seksual, luka pada penis serta pembengkakan kelenjar getah bening diselangkangan dapat berkembang.
Dokter akan mendiagnosis peradangan penis dengan melakukan pemeriksaan pada alat kelamin dan area genital. Dokter juga kemungkinan akan bertanya tentang apakah seorang pria menggunakan kondom lateks.

Selain itu, gula darah dapat di ukur untuk menguji diabetes, tes infeksi ragi dan tes untuk infeksi menular seksual (IMS) yang berguna untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab peradangan pada penis secara pasti.

Baca Juga: Gejala Peradangan Pada Ujung Penis Pria! Klik Disini

Pengobatan peradangan pada penis

Jika Anda mengalami peradangan pada penis atau disertai dengan gejala lainnya, Anda harus mencari perhatian tenaga medis kesehatan. Tindakan pengobatan akan dilakukan setelah hasil diagnosis dan penyebabnya diketahui.

Lakukan kebersihan yang baik pada area alat kelamin. Untuk mencegah peradangan kembali terutama bagi Anda pria yang tidak disunat, sunat dapat dilakukan jika kulit khatan tetap terlalu kencang di sekitar kelenjar.



Komplikasi

Komplikasi serius yang paling umum dari balanitis adalah phimosis (ketidakmampuan untuk menarik kembali kulup dari penis kelenjar) atau paraphimosis (ketidakmampuan untuk mengembalikan kulup untuk menutupi penis kelenjar). Komplikasi langka lainnya yang dapat berkembang dengan balanitis dan balanoposthitis meliputi:

1. Stenosis Meatal, penyempitan pembukaan yang tidak normal di ujung penis
2. Balanitis xerotica obliterans, dermatitis kronis pada kelenjar penis dan kulup
3. Jaringan parut
4. Mengurangi aliran darah ke kelenjar penis
5. Peningkatan risiko kanker penis

Simak: Solusi bengkak pada kemaluan pria! klik disini

Peradangan pada penis? Konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa
Untuk mendapatkan pengobatan yang aman hingga tuntas peradangan pada penis yang terjadi pada Anda, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan khusus penyakit kelamin, Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Klinik Utama Sentosa menangani sunat dewasa dengan metode terbaru tanpa rasa sakit dan efek samping. Sudah terbukti dengan banyaknya pasien yang sudah melaakukan tindakan sunat dewasa dan puas dengan pelayanan yang kami berikan, sekarang saatnya giliran Anda.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab peradangan pada penis, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.