Min17Feb201910:17

Apa Penyebab Bengkak Disekitar Kemaluan Pria?

 

Bengkak dibagian kepala penis atau kulup, apa yang menjadi penyebab bengkak disekitar kemaluan pria tersebut? Kemungkinan mengalami penyakit balanitis. Pada umumnya kondisi ini terjadi pada pria yang tidak disunat dan kondisi ini terasa sangat menyakitkan.

Apa Penyebab Bengkak Disekitar Kemaluan Pria?
Apa Penyebab Bengkak Disekitar Kemaluan Pria?
Balanitis merupakan peradangan yang terjadi di ujung kepala penis (glans penis) yang disebabkan berbagai hal. Infeksi yang terjadi akibat penyakit balanitis sering menyebabkan peradangan kulit yang menutupi penis yang tidak tidak disunat (preputium). Beberapa hal yang menjadi penyebab bengkak disekitar kemaluan pria ini adalah infeksi jamur, bakteri, penyakit menular seksual (PMS), dan kelain kulit lainnya.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab bengkak disekitar kemaluan pria atau penyebab balanitis ini, antara lain:
  • Kebersihan alat kelamin tidak terjaga. Seorang pria yang tidak di khitan tidak menjaga kebersihan alat kelamin, ditambah faktor kulup yang ketat (preputium), akan menimbulkan iritasi akibat cairan alat kelamin (smegma). Smegma merupakan cairan kotor terbentuk dibawah kulup ujung kelamin yang tidak di khitan. Hal ini merupakan penyebab utama balanitis.
  • Infeksi menular seksual (IMS). Penyakit menular seksual dapat menyebabkan balanitis, terutama jika menderita peradangan saluran kemih (uretra). Berbagai macam penyakit IMS seperti herpes genital, klamidia, dan gonore dapat menyebabkan balanitis. Gejalanya muncul berupa rasa nyeri ketika buang air kecil dan keluar cairan dari uretra.
  • Infeksi menular nonseksual. Berbagai macam mikroba normalnya hidup pada kulit dapat menimbulkan infeksi. Penyebab bengkak disekitar kemaluan pria akibat infeksi nonseksual adalah Candida sp. Merupakan jamur yang menyebabkan infeksi vagina serta keputihan yang terjadi pada wanita.

 



Gejala bengkak disekitar kemaluan pria

Setelah mengenal apa penyebab bengkak disekitar kemaluan pria, penting untuk mengenal gejalanya, agar jika merasakan gejala timbul  dapat melakukan pemeriksaan sejak dini, dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala umum munculnya bengkak pada kemaluan pria, antara lain:
  • Kemerahan di kepala penis berupa bercak hingga seluruhnya memerah.
  • Lepuh pada penis.
  • Terasa kering, kaku, atau kaku.
  • Kepala penis yang membengkak.
  • Terasa nyeri.
  • Keluar cairan kental dari bawah preputium, berbau tidak sedap akibat infeksi bakteri streptococcus sp.
  • Perasaan tidak nyaman ketika buang air kecil.
  • Dalam beberapa kasus menyebabkan impotensi.
  • Sulit menarik preputium (fimosis).

 <<<simak, mengapa terdapat luka pada kelamin pria?* klik disini>>>

Pengobatan penyakit balanitis

Tindakan pengobatan bergantung pada penyebab bengkak disekitar kemaluan pria tersebut, selain itu pengobatan sesuai dengan usia dan seberapa parah penyakit tersebut. Khitan disarankan jika balanitis sering terjadi secara berulang dan penderita memiliki kondisi penyakit fimosis, pengobatan terbaik adalah dengan tindakan ini.

Sebaiknya untuk tidak melakukan pengobatan sembarangan dan mengoleskan krim tanpa saran dan ajuran dari dokter. Dikhawatirkan kondisi semakin parah jika tidak sesuai dengan kebutuhan penyakit tersebut. Selalu konsultasikan keadaan Anda untuk mendapatkan pengobatan balanitis yang tepat untuk hasil yang maksimal.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami bengkak disekitar kemaluan pria dan sedang mencari cara untuk mengatasi masalah penyakit kelamin Anda? Silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan penyembuhan balanitis yang tepat. Anda tidak perlu khawatir sebab disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin. kami hadir dengan metode pengobatan terbaru tanpa efek samping dan penyakit yang sembuh total, di dukung peralatan medis modern yang canggih. Kami memberikan perawatan medis prima yang aman, cepat, tepat, dan akurat hingga tuntas dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait apa penyebab bengkak disekitar kemaluan pria, dan untuk mengatasinya hingga tuntas, silahkan hubungi kami di 081366657878 .