Sen31Des201813:16

Apa Penyebab Balanitis Secara Umum?

Infeksi yang menyebabkan peradangan merupakan penyebab utama penyakit balanitis. Balanitis merupakan kondisi dimana kepala kelamin atau glans mengalami peradangan. Beberapa penyebab dari peradangan tersebut, seperti infeksi jamur, penyakit menular seksual, alergi atau iritasi pada kulit, dan infeksi akibat bakteri.

penyebab balanitis
penyebab balanitis



Terdapat berbagai jenis mikroba yang menjadi penyebab balanitis, seperti jamur, bakteri, dan juga virus. Mikroba yang mengakibatkan kulit kulup pada pria mengalami peradangan ini, antara lain:

• Human papillomavirus.
• Jamur candida sp.
• Jamur trichomonas sp.
• Bakteri streptococcus sp.
• Bakteri treponema pallidum.
• Herpesvirus.

Penyebab Umum Balanitis Pada Pria

Penyebab balanitis biasanya dikarenakan oleh faktor kebersihan organ kelamin yang kurang diperhatikan. Area organ kelamin yang kotor mudah memicu berbagai penyakit, terutama balanitis. Selain disebabkan oleh berbagai jenis mikroba, balanitis juga dapat terjadi karena adanya kelainan pada kulit kelamin. Kelainan kulit yang dimaksud, meliputi:


• Eksim

Eksim atau lebih dikenal dengan dermatitis atopik merupakan kelainan kulit akibat adanya alergi di kulit tubuh. Gejala dari eksim pada tubuh adalah munculnya kemerahan, rasa gatal, serta kondisi kulit yang kering.


• Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan autoimun yang terjadi pada kulit penderitanya. Kelainan kulit ini mengakibatkan peradangan yang menahun dan ditandai dengan ruam, kemerahan, kerak kulit menebal, kering, dan kulit yang terkelupas.


• Dermatitis kontak

Penyebab balanitis akibat kelainan kulit lainnya, yakni dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan suatu peradangan kulit yang terjadi akibat paparan zat kimia tertentu. Kulit tubuh biasanya bisa meradang karena penggunaan sabun dengan kandungan tertentu atau pemakaian kondom.

Faktor Risiko yang Menyebabkan Balanitis

Infeksi penyebab balanitis akan mudah berkembang pada seseorang yang memiliki beberapa kondisi kesehatan tertentu. Salah satu kondisi yang rentan mengakibatkan munculnya masalah balanitis, seperti penderita diabetes. Seseorang yang menderita diabetes akan menyebabkan bakteri di organ kelamin berkembang dengan cepat akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. Bakteri yang tumbuh ini jika dibiarkan akan menimbulkan infeksi atau peradangan.
 
Faktor risiko lain yang menjadi penyebab balanitis adalah fimosis. Fimosis merupakan kondisi kulup kelamin yang terlalu ketat dan mengakibatkan kesulitan ketika akan ditarik ke belakang. Kulup yang mengetat juga akan menyulitkan pria dalam membersihkan kotoran atau smegna di bawah kulup kelamin. Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor penyebab balanitis pada pria, yaitu:

• Memiliki daya tahan tubuh yang rendah.
• Penggunaan antibiotik secara berlebihan.
• Seseorang yang tidak melakukan sunat.
• Memiliki riwayat infeksi pada saluran kemih.
• Menderita peradangan sendi yang menahun.

Bagaimana Dokter Mendiagnosis Penyakit Balanitis?

Diagnosis dokter pada penyakit balanitis dilakukan untuk mengetahui jenis penanganan yang dapat dilakukan. Sebelum diagnosis dilakukan, biasanya dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti gejala yang dirasakan. Setelah itu, pemeriksaan lanjutan baru akan dilakukan, seperti:


• Pemeriksaan darah

Tes darah lengkap dilakukan sebagai upaya dalam mengetahui keberadaan infeksi. Pemeriksaan melalui darah juga dapat memudahkan dokter untuk mencari penyebab balanitis apakah berasal dari hubungan seksual. Pemeriksaan darah biasanya dilakukan untuk mendeteksi virus Human Papillomavirus atau tanda-tanda adanya penyakit HIV/AIDS.


• Pemeriksaan urin

Penyakit balanitis pada pria dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan pada cairan urin. Tes urin ini menjadi pilihan untuk mengetahui diagnosis balanitis lebih tepat. Selain itu, urin yang diperiksa ini bisa membantu mengetahui ada tidaknya infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.


• Pemeriksaan biopsi

Biopsi dilakukan pada kepala kelamin guna menunjukkan hasil diagnosis yang lebih signifikan. Biopsi merupakan pemeriksaan pada struktur sel dengan menggunakan mikroskop. Pemeriksaan jenis ini berguna untuk memastikan ada tidaknya infeksi yang menyebabkan kanker kulit.

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Gracia

Penanganan terbaik pada penyakit balanitis adalah dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena peralatan yang digunakan sudah canggih serta modern. Segera lakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa atau hubungi hotline Kami di nomor 081366657878. Lakukan penanganan secepatnya di Klinik Utama Sentosa sebelum penyakit bertambah parah.