Sen04Mar201915:00

Apa Penanganan Pada Benjolan di Kelamin Pria?

Benjolan di kelamin pria merupakan salah satu pertanda adanya penyakit balanitis. Pembengkakan yang terjadi ini disebabkan karena peradangan pada kepala kelamin, terutama jika belum disunat. Selain itu, gejala lain yang menyertai, dapat berupa sakit pada kemaluan, kemerahan di area yang bengkak, mengeluarkan bau tidak sedap, dan terasa nyeri saat buang air kecil.
benjolan di kelamin pria
benjolan di kelamin pria

Beberapa Penyebab Balanitis Pada Pria

Balanitis bukan merupakan kondisi yang serius, sehingga dapat dialami siapa saja khususnya jika belum melakukan sunat. Namun, benjolan di kelamin pria akibat balanitis sering diderita oleh anak laki-laki di awah usia 4 tahun. Munculnya benjolan di kelamin pria dapat disebabkan oleh beberapa faktor penyebab, seperti:


• Kondisi kulit

Benjolan di kelamin pria bisa diakibatkan oleh adanya kelainan pada kulit, seperti lichen planus, eksim, dermatitis, dan psoriasis. Keempat kondisi kulit ini juga akan menyebabkan organ kelamin terasa sakit, nyeri, memerah, hingga terjadi peradangan.


• Radang pada kelamin

Peradangan yang menjadi penyebab benjolan di kelamin pria biasanya disebabkan karena menggunakan pelindung atau kondom yang mengandung zat kimia, terdapat sisa deterjen pada celana dalam, dan memiliki alergi pada sabun mandi yang digunakan.
 

• Adanya infeksi

Salah satu penyebab utama benjolan di kelamin pria adalah adanya infeksi. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh dua faktor, yakni infeksi candida atau jamur dan infeksi bakteri yang berada di permukaan kulit.


• Penyakit tertentu

Balanitis dapat diderita oleh seorang pria yang memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes. Diabetes meningkatkan peluang untuk mengalami infeksi kulit lebih besar. Selain diabetes, penyakit lain yang memicu balanitis adalah fimosis atau kulup panjang.


• Hubungan seks tidak aman

Hubungan seksual yang tidak aman menjadi penyebab lain dari penyakit balanitis. Tidak menggunakan pelindung atau kondom dapat mengakibatkan mudahnya penularan penyakit menular seksual penyebab balanitis, seperti herpes genital, klamidia, dan sipilis.


Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Balanitis


Pengobatan penyakit balanitis bergantung pada usia, penyebab, dan seberapa aktif seseorang secara seksual. Penanganan juga dapat dilakukan dengan menarik ujung kulup kelamin ke belakang dan kemudian merendam daerah yang sakit dengan air hangat. Selain itu, beberapa penanganan secara mandiri yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain:

• Hindari penggunaan sabun yang mengadung bahan kimia berlebih.
• Jaga kebersihan organ kelamin secara rutin dan teratur.
• Gunakan pelindung atau kondom saat melakukan hubungan seksual.
• Lakukan perawatan kelamin sesuai dengan anjuran dokter.

Balanitis berulang atau sering kambuh bisa diatasi dengan melakukan sunat jika dipicu oleh adaya fimosis atau kulup panjang. Penyakit yang tak kunjung sembuh dan semakin parah bisa ditangani dengan segera memeriksakan diri dengan dokter ahli. Konsultasikan dengan dokter berguna untuk mengetahui penyebab penyakit dan pengobatan yang harus dilakukan.


Konsultasikan Segera di Klinik Utama Sentosa

Penanganan benjolan di kelamin pria dapat dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakuka konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.