Sen11Mar201916:02

Apa Nama Penyakit Kelamin Pria Bengkak?

Penyakit kelamin pria bengkak atau dikenal dengan balanitis terjadi akibat adanya peradangan di kepala kemaluan atau glans. Salah satu gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah rasa nyeri akibat iritasi yang terjadi pada kulit kulup. Balanitis bukanlah kondisi serius karena penyakit ini bisa dialami oleh pria dari segala kalangan usia, terutama jika belum melakukan sunat atau khitan. Organ kelamin yang belum disunat berisiko menyimpan kotoran atau smegma hingga mengakibatkan berbagai penyakit, termasuk balanitis.
penyakit kelamin pria bengkak
penyakit kelamin pria bengkak

Apa Saja Penyebab Penyakit Balanitis Pada Pria?

Terdapat berbagai faktor yang menjadi penyebab penyakit balanitis pada pria. Beberapa penyebab balanitis, antara lain infeksi jamur atau bakteri, memiliki alergi, mengalami cedera atau trauma, adanya riwayat penyakit menular seksual, melakukan hubungan seksual tidak aman, dan mengetatnya kulup kelamin sehingga urin serta bakteri terjebak. Penyebab lain dari penyakit kelamin pria bengkak, adalah sebagai berikut:


• Kondisi kulit tertentu

Penyakit kelamin pria bengkak bisa disebabkan oleh kondisi kulit, seperti lichen planus, eksim, dermatitis, dan psoriasis. Keempat kondisi kulit tersebut akan mengakibatkan kelamin sakit, nyeri, muncul kemerahan, serta peradangan hingga seorang pria mengalami balanitis.
 

• Peradangan pada kelamin

Peradangan atau infeksi yang terjadi di permukaan kulit kelamin bisa dipicu karena beberapa hal. Salah satunya adalah penggunaan pelindung atau kondom yang mengandung zat kimia tertentu. Selain itu, iritasi juga bisa dikarenakan menggunakan celana yang masih terdapat sisa deterjen.


• Adanya infeksi

Salah satu penyebab penyakit kelamin pria bengkak adalah adanya infeksi pada organ kelamin. Biasanya, infeksi disebabkan oleh dua faktor, yakni jamur candida dan bakteri. Infeksi ini akan mengakibatkan gejala, berupa kelamin sakit, bengkak, dan iritasi.


Diagnosis Balanitis Serta Penanganan Penyakitnya

Pengobatan penyakit kelamin pria bengkak bergantung pada usia, penyebab, aktif tidaknya seseorang secara seksual, dan faktor kulup telah disunat atau belum. Penanganan terhadap penyakit balanitis biasanya dilakukan dengan menarik kulit kulup melewati kepala kelamin dan merendam daerah yang sakit ke dalam air hangat. Untuk kasus yan ringan, cukup berikan krim antibiotik. Namun, jika lebih berat maka penderitanya bisa mengonsumsi antibiotik sesuai resep dokter.
 
Untuk menentukan diagnosis mengenai penyakit kelamin pria bengkak, dokter biasanya melakukan pemeriksaan atau tes, seperti menanyakan riwayat medis serta pemeriksaan fisik, melakukan tes laboratorium dari sampel kotoran, dan pemeriksaan darah guna menentukan apakah infeksi berasal dari hubungan seksual. Jika kesembuhan penyakit ingin didapat dengan cepat, penderita balanitis perlu menyertai penanganan rumahan, yakni sebagai berikut:

• Selalu gunakan pelindung atau kondom saat melakukan hubungan seksual.
• Hindari penggunaan sabun berbahan kimia keras saat membersihkan ujung kelamin.
• Bersihkan kemaluan secara teratur dengan mendorong ke belakang kantung kelamin.
• Ikuti petunjuk pengobatan penyakit balanitis sesuai dengan anjuran dari dokter.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyembuhan penyakit kelamin pria bengkak dapat dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.