Jum03Mei201915:55

Penyakit Balanitis Pada Pria

Balanitis pada pria adalah peradangan kelenjar atau kepala penis karena infeksi atau penyebab yang lain. Balanitis terasa tidak nyaman dan terkadang teras menyakitkan. Balanitis pada pria terjadi karena tidak disunat.
Penyakit Balanitis Pada Pria
Penyakit Balanitis Pada Pria
Balanitis pada pria paling umum diatas 30 tahun, meskipun dapat mempengaruhi pria di segala usia, balanitis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sekitar 11 persen pria dewasa dan 3 persen anak-anak. Balanitis umumnya ditandai dengan area orange merah atau kemerahan yang mengkilap pada ujung penis.

Balanitis hanya terjadi pada pria yang tidak diisunat, balanitis dapat menyebabkan gejala termasuk kemerahan pada glans penis, pembengkakan pada kepala penis, debit dari penis (smegma yang kemungkinan berbau tidak sedap), buang air kecil terasa menyakitkan, ketidakmampuan menarik kulup kembali (fimosis), dan ketidakmampuan mengembalikan kulup (parafimosis).



Penyebab balanitis

Penyebab balanitis tidak diketahui secara pasti, kebersihan yang buruk pada penis pria yang tidak disunat dapat menyebabkan akumulasi smegma (penumpukan sel mati dan minyak tubuh di alat kelamin) mengurangi aeras serta mengiritasi kulit kepala penis, pada akhirnya akan menyebabkan peradangan dan terjadinya pembengkakan. Faktor yang berkontribusi sebagai penyebab balanitis pada pria, antara lain:

• Diabetes (sebagai penyebab dasar yang sering terjadi).
• Respon terhadap infeksi.
• Reaski alergi terhadap beberapa obat.
• Kanker penis (penyebab langka).

Infeksi. Apakah infeksi bakteri atau jamur dapat menyebabkan balanitis berkembang. Infeksi jamur umum yang dapat menyebabkan balanitis yaitu kandida, yang juga menyebabkan sariawan. Virus dan organisme lain termasuk Human papilloma virus (HPV), gonore, klamidia dan sifilis.

Baca Juga: 3 Penyebab balanitis menyebabkan penis bengkak! klik disini

Pengobatan balanitis

Jika saat ini Anda mengalami tanda dan gejala penyakit balanitis, sebaiknya untuk mencari perawatan dan perhatian medis kesehatan profesional. Tergantung pada kemungkinan apa yang menjadi penyebab balanitis, seperti infeksi atau jamur.

Jangan sembarangan mengoleskan krim pada alat kelamin tanpa anjuran dokter, sebab ditakutkan akan memperparah kondisi Anda dan menyebabkan kondisi atau masalah kesehatan yang lain muncul. Untuk balanitis yang berulang, pengobatan yang paling efektif dilakukan adalah dengan menjalani tindakan sunat, membantu mencegah agar balanitis tidak berulang dikemudian hari.

Apa yang terjadi jika balanitis tidak diobati? Komplikasi balanitis yang paling umum adalah fimosis (ketidakmampuan menarik kulup kembali dari ujung penis), parafimosis (ketidakmampuan mengembalikan kulup untuk menutupi kepala penis).

Selain itu, balanitis dapat berkembang menyebabkan selulitis, infeksi bakteri pada lapisan kulit yang lebih dalam, sindrom penis terkubur (suatu kondisi dimana penis dimakamkan di bawah lapisan kulit (terkait dengan obesitas), jaringan parut, mengurangi aliran darah ke penis, dan meningkatkan risiko kanker penis.



Balanitis? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Terjadi peradangan pada ujung penis? Sebaiknya untuk tidak diabakan dan segera melakukan pemeriksaan untuk segera diatasi sehingga segala komplikasi dapat dihindari. Jika saat ini Anda seorang pria dewasa namun belum disunat dan mengalami peradangan pada ujung penis, kunjungi Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit kelamin, memiliki dokter ahli kelamin terlatih dan menyediakan layanan sunat dewasa dengan metode terbaru. Anda tidak perlu khawatir sebab Anda ditangani langsung oleh dokter profesional yang sudah banyak menangani sunat dewasa dan pasien puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyakit balanitis pada pria, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.