Rab13Feb201910:07

5 Penyebab Kemaluan Pria Sakit dan Bengkak

 

Sakit pada penis, sudah pasti masalah besar bagi semua pria. Kesehatan penis tentu menjadi salah satu perhatian paling utama para pria. Bagaimana tidak, organ kelamin yang dibangga-banggakan tersebut merupakan organ reproduksi yang sangat penting. Lalu apa penyebab kemaluan pria sakit dan bengkak?

5 Penyebab Kemaluan Pria Sakit dan Bengkak
5 Penyebab Kemaluan Pria Sakit dan Bengkak

Tidak jarang seorang pria memiliki masalah yang terjadi pada penis karena tidak menjaga kebersihan penis. Salah satu risiko penyakit yang dialami oleh pria akibat tidak menjaga kebersihan penis adalah penyakit balanitis. 

Apa itu penyakit balanitis?


Penyakit balanitis adalah peradangan terjadi pada kepala penis yang sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Penyakit balanitis menyebabkan gejala seperti penis sakit, bengkak, memerah, mengeluarkan bau yang tidak sedap, dan terasa nyeri ketika buang air kecil.


Berikut 5 penyebab kemaluan pria sakit dan bengkak atau penyebab penyakit balanitis, antara lain:

1. Kondisi kulit

Balanitis atau peradangan pada penis menjadi tanda atau gejala dari kondisi lain yang dialami penis, seperti:

  • Lichen planus. Kondisi dimana kulit menjadi ruam, dan memerah.
  • Penyakit kulit kronis yang dapat menyerang permukaan kulit penis.
  • Peradangan yang terjadi pada permukaan kulit.
  • Permukaan kulit yang bersisik.
Keempat penyakit ini dapat menyebabkan penis terasa sakit, memerah, nyeri dan radang. Mengakibatkan seorang pria mengalami balanitis. Untuk mengatasi penyakit balanitis, hal yang seharusnya dilakukan adalah dengan mengobati penyakit kulit yang menjadi penyebab balanitis.

2. Peradangan pada penis

Peradangan serta iritasi yang terjadi di permukaan kulit penis disebabkan:

  • Menggunakan kondom.
  • Celanan yang dipakai masih menyisakan deterjen yang tidak dibilas dengan bersih.
  • Menggunakan sabun mandi yang akhirnya menyebabkan alergi pada penis.
<<<simak, bisakah balanitis sembuh sendiri?* klik disini>>>

 3. Mengalami Infeksi

Penyebab utama balanitis atau penyebab bengkak pada kemaluan pria adalah infeksi yang terjadi penis. Infeksi disebabkan oleh dua hal, antara lain:

  • Infeksi klamidia. Infeksi jamur yang sering menyebabkan peradangan pada tubuh, misalnya sariawan di mulut. Kondisi infeksi diakibatkan candida dapat menyebabkan penis sakit, bengkak, serta iritasi.
  • Infeksi bakteri. Permukaan kulit pada manusia penuh dengan bakteri. Ada bakteri yang jahat dan menimbulkan terjadinya penyakit, namun ada juga yang tidak berbahaya.

 4. Fimosis

Penis yang tidak disunat, kepala penis dilapisi lapisan yang disebut kulup. Beberapa kasus, kulup terlalu ketat sehingga tidak dapat ditarik kemnali ke atas kepala penis. Sehingga fimosis terjadi. Fimosis sendiri umum terjadi pada bayi dan anak laki-laki.

5. Melakukan hugungan seksual yang tidak aman

Balanitis atau penyebab kemaluan pria sakit dan bengkak pada pria dewasa jika melakukan hubungan seksual yang tidak sehat dan aman. Jika pasangan wanita sedang mengalami infeksi atau luka di vagina, maka pria dapat tertular dan berisiko mengalami penyakit balanitis. Selain itu penyakit menular seksual lainnya seperti herpes genital, sifilis, dan chlamydia juga dapat terjadi.

Bagaimana cara mengatasi penis sakit dan bengkak?

Pengobatan penyakit balanitis dilakukan bergantung pada usia, penyebab, dan apakah seorang pria telah aktif secara seksual dan apakah pria tersebut telah disunat. Pengobatan dapat yang tepat untuk mencegah balanitis terjadi kembali dengan melakukan tindakan sunat untuk pria yang belum disunat. Pada kasus yang ringan membutuhkan krim antibiotik untuk daerah peradangan yang terkena. Pria dengan kasus yang lebih berat dapat mengkonsumsi antibiotik.

Waktu pemulihan tergantung pada penyebab dan gejala yang dialami penderita. Maka sebaiknya konsultasikan kondisi Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat dibawah pengawasan dokter ahli kelamin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kemaluan sakit dan bengkak? Sedang mencari cara untuk mengatasi masalah kelamin Anda? Kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu masalah penyakit kelamin Anda hingga tuntas. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi Anda. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru di dukung peralatan medis modern yang canggih yang menunjang proses pengobatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kami juga memberikan perawatan medis prima yang tepat, cepat, dan akurat hingga tuntas dengan biaya pengobatan yang relatif terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyebab kemaluan pria sakit dan bengkak dan untuk mengatasinya, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878 .