Sel23Apr201915:32

3 Penyebab Balanitis Menyebabkan Penis Bengkak

Bakteri merupakan bagian dari penyebab balanitis yang dapat menyebabkan infeksi. Sebaiknya untuk selalu memastikan dan menjaga kebersihan alat kelamin. Jika tidak menjaga kebersihan penis, akan meningkatkan peluang terkena balanitis.
3 Penyebab Balanitis Menyebabkan Penis Bengkak
3 Penyebab Balanitis Menyebabkan Penis Bengkak
Ketika penis sakit, akan menjadi masalah besar bagi semua pria, sebab kesehatan penis adalah satu perhatian yang khusus bagi pria karena organ yang sangat dibanggakan ini merupakan organ reproduksi yang paling penting.

Tahukah Anda bahwa balanitis dapat dipecah menjadi beberapa penyebab yang berbeda. Infeksi bakteri, infeksi jamur (sariawan), iritasi kimia (dermatitis alergi) atau eksim. Infeksi jamur adalah yang paling umum dan diikuti iritasi kimia.



Berikut, 3 penyebab balanitis

Fimosis. Penis yang tidak disunat, kepala penis masih dilapisi lapisan kulit yang disebut kulup. Pada beberapa kasus, kulup terlalu ketat sehingga tidak dapat ditarik kembali ke atas kepala penis, sehingga fimosis terjadi.

Hubungan seksual yang tidak aman. Balanitis dapat terjadi kepada pria dewasa yang melakukan hubungan seksual tidak aman dan tidak sehat. Jika pasangan wanita sedang infeksi atau luka pada vagina, maka pria dapat tertular dan berisiko balanitis. Selain itu, penyakit menular seksual (PMS) seperti herpes genital, chlamydia, dan juga sifilis dapat berkontribusi sebagai penyebab balanitis.

Mengalami Infeksi. Salah satu penyebab utama balanitis adalah infeksi yang terjadi pada penis. Infeksi disebabkan dua hal, yaitu infeksi candidia (infeksi jamur yang umum menyebabkan peradangan pada tubuh, infeksi dapat menyebabkan penis sakit, iritasi dan bengkak), dan Infeksi bakteri.

Gejala balanitis yang paling umum termasuk kemerahan, iritasi dan pegal pada ujung penis. Mulai dari sepetak kecil kemerahan yang terbatas pada bagian permukaan kulit kelenjar, hingga seluruh kelenjar menjai memerah, bengkak dan terasa nyeri. Terkadang ada cairan tebal yang keluar dari kulit khatan. Anda juga dapat merasakan sakit atau tidak nyaman ketika buang air kecil.

Baca Juga: Penanganan Pada Benjolan Di Kelamin Pria! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan balanitis

Dokter dapat dengan mudah mendiagnosis balanitis dengan tampilan merah serta meradang pada ujung penis (kelenjar). Dalam tampilan kasus, mungkin penyebabnya dapat ditentukan oleh peradangan. Misalnya, peradangan yang disebabkan candida sering terlihat khas. Jadi, dokter dapat mendiagnosis penyebab balanitis dan langsung memberikan pengobatan yang tepat.

Jika dokter tidak yakin tentang penyebabnya, atau balanitis tidak jelas dengan pengobatan, tes dapat dilakukan, seperti:

*Mengambil sampel, digunakan untuk mencari kuman atau bakteri tertentu yang menyebabkan infeksi.
*Tes alergi. Mungkin dapat disarankan jika diduga alergi.

Perawatan penyakit balanitis tergantung pada penyebab balanitis. Konsultasilah dengan dokter untuk mengetahui metode pengobatan yang tepat bagi Anda agar balanitis secepatnya disembuhkan. Jika Anda memiliki masalah balanitis berulang dan memiliki kondisi dimana kulup tidak dapat ditarik kembali (fimosis), sebuah opsi harus sunat untuk menghilangkan kulup dan hal ini merupakan pengobatan yang paling efektif agar balanitis tidak berulang.



Penis bengkak? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Sudah dewasa namun belum sunat dan saat ini menderita penyakit balanitis? Sudah saatnya Anda terbebas dari masalah ini dengan mengunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit kelamin. memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah banyak menangani sunat dewasa dengan metode terbaru.

Anda tidak perlu khawatir dan merasa malu, sebab Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab balanitis yang menyebabkan penis Anda bengkak, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.