Jum01Feb201916:45

3 Cara Mengatasi Kemaluan Bengkak dan Gatal

Salah satu faktor terjadinya kemaluan bengkak dan gatal bisa dikarenakan oleh infeksi penyakit penyebab balanitis. Balanitis merupakan peradangan yang terjadi di kepala kelamin dengan gejala berupa sakit, bengkak, memerah, mengeluarkan bau tidak sedap dan rasa nyeri ketika buang air kecil. Penyakit ini dapat dialami oleh semua laki-laki, khususnya yang belum melakukan sunat.

kemaluan bengkak dan gatal
kemaluan bengkak dan gatal


Beberapa Penyebab Penyakit Balanitis Pada Pria

Kemaluan bengkak dan gatal adalah salah satu gejala umum yang muncul dari penyakit balanitis. Gejala umum lain yang menyertai biasanya, berupa terdapat lepuh di kelamin, keluarnya cairan kental dari bawah preputium atau kulup, rasa tidak nyaman ketika buang air kecil, dan kulup terasa keras hingga kaku. Pembengkakan pada kepala kelamin akibat penyakit balanitis terjadi akibat beberapa faktor yang mempengaruhi. Selain belum melakukan sunat, seorang pria mudah terkena balanitis karena penyebab lainnya, seperti:


• Kebersihan kelamin kurang terjaga

Faktor utama seorang pria memiliki kemaluan bengkak dan gatal adalah tidak menjaga kebersihan organ kelamin dengan baik. Kelamin yang belum disunat bisa mengalami pengetatan sehingga menimbulkan iritasi akibat cairan pada organ kelamin atau smegma.
 


• Memiliki infeksi menular seksual

Berbagai macam penyakit menular seksual yang bisa mengakibatkan balanitis adalah herpes genital, klamidia, dan gonore. Kemungkinan gejala akibat adanya infeksi menular seksual ini adalah nyeri ketika buang air kecil dan keluarnya cairan asing dari uretra.


• Adanya alergi atau iritasi

Kulit kepala kelamin pria dapat bereaksi terhadap senyawa atau bahan kimia tertentu karena sangat sensitif. Selain itu, iritasi juga bisa disebabkan oleh penggunaan pelindung atau kondom, mencuci organ kelamin terlalu keras, dan memakai jenis sabun pembersih kelamin tertentu.


Cara Mengatasi Kemaluan Bengkak dan Gatal


Diagnosis terhadap penyakit balanitis harus dilakukan terlebih dahulu sebelum penanganan bersama dokter ahli guna mengetahui penyebab secara pasti. Hasil diagnosis akan didapatkan dokter dengan melihat tanda-tanda kemerahan serta peradangan yang terjadi di kepala kelamin. Dengan adanya hasil ini, dokter dapat segera memberikan penanganan standar dengan pemberian antibiotik guna mengatasi peradangan.

Selain itu, pemeriksaan lanjutan yang dokter lakukan adalah berupa pengambilan sampel guna menentukan keberadaan mikroba, pengecekkan pada kadar gula darah penderita diabetes, dan melakukan kultur mikroba untuk menentukan penyebab infeksi balanitis. Jika diagnosis telah diketahui secara pasti, perawatan bisa segera dilakukan. Beberapa penanganan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit balanitis, yakni:

• Oleskan krim khusus

Pengobatan pada kemaluan bengkak dan gatal bisa Anda lakukan dengan mengoleskan krim pada bagian yang terinfeksi. Beberapa krim khusus yang digunakan adalah krim salep antijamur dan krim steroid ringan. Krim antijamur berguna untuk menangani infeksi akibat jamur, sementara krim sterois bertujuan meredakan inflamasi atau alergi di kulit kulup.

• Konsumsi obat antibiotik

Kemaluan bengkak dan gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi obat-obatan antibiotik. Salah satu jenis obat yang diresepkan dokter biasanya berguna untuk menghilangkan bakteri anaerobik dari dalam tubuh.

• Lakukan prosedur khitan

Penyakit balanitis pada pria yang sudah terjadi secara berulang atau menyebabkan kekambuhan jangka panjang harus segera ditangani dengan sunat. Sunat atau khitan merupakan penyembuhan terhadap penyakit balanitis dengan mengangkat sebagian atau keseluruhan kulit kulup kelamin pria.

Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Kemaluan bengkak dan gatal akibat balanitis dapat ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan pemeriksaan serta perawatan di klinik ini, Anda akan merasakan kepuasaan karena penanganan dilakukan oleh dokter berpengalaman dan tim medis yang professional.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki berbagai keunggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, Anda akan mengetahui penyebab munculnya penyakit serta jenis pengobatan yang cocok untuk dilakukan. Karena itu, segera lakukan konsultasi dan perawatan sebelum penyakit bertambah parah. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878 .